Dishut LH Sosialisasi Pembinaan Adipura Kota Jayapura

122
Pj Walikota bersama Kementerian Lingkungan Hidup, dalam kegiatan pembinaan Adipura (Elsye/Harian Pagi Papua)
Pj Walikota bersama Kementerian Lingkungan Hidup, dalam kegiatan pembinaan Adipura (Elsye/Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA ) – Sebagai upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup  dalam mewujudkan kota yang bersih, indah dan nyaman, Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan melaksanakan sosialisasi pembinaan adipura Kota Jayapura tahun 2017 di Aula Sian Soor Kantor Walikota, Senin (3/4).

Penjabat Walikota Jayapura, Daniel Pahabol, S. Pd., MM. dalam sambutannya mengatakan kebijakan ke arah pengelolaan lingkungan hidup telah terformulasikan tertuang dalam regulasi Peraturan Daerah (Perda) Tata Ruang, Perda Kebersihan, Perda Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Perda Pengelolaan Sampah.

“Bagaimana implementasi dari beberapa regulasi dalam mewujudkan pembangunan yang berwawasan lingkungan, harapan saya komitmen serta kesungguhan stakeholder dari tingkat RT, RW, Kelurahan dan Distrik lebih mendorong masyarakat agar berperan aktif dalam pengelolaan lingkungan hidup,” ujar Daniel Pahabol, yang dikutip dari Koran Harian Pagi Papua, Selasa (4/4).

Pahabol menerangkan dalam pelaksanaan pemantauan dan pengawasan program adiipura ada muatan-muatan perubahan yang akan diterapkan dalam sistem penilaian yaitu kriteria dan indikator program adipura saat ini nantinya akan dimasukkan sebagai kategori, antara lain adipura buana, adipura kirana, adipura paripurna dan adipura bhakti.

Selain itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Jayapura, Ketty Kailola, M.Si. mengatakan maksud dan tujuan program adipura merupakan langkah nyata dalam memberikan perlindungan kepada lingkungan dalam mewujudkan tercapainya kesejahteraan hidup.

“Lingkungan yang bersih merupakan cita-cita pembangunan berkelanjutan dan mendorong pemerintah daerah, masyarakat untuk mewujudkan kota yang bersih, indah dan nyaman,” pungkasnya.

Sementara itu, nara sumber pada kegiatan sosialisasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemenlhk) RI, Arief Sumargi SH.

Peserta kegiatan terdiri dari Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Distrik, Kepala Kelurahan, Kepala Puskesmas dan Kepala Sekolah SD, SMP, SMA serta SMK se-Kota Jayapura.  (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)