Babinsa Peduli SDM Ikut Ajarkan Bahasa Inggris di SD Yapen Barat

Category: Lintas Papua 8 0
Suasana Belajar Bahasa Inggris anak – anak SDN 1 Serewen, Yapen Barat, oleh Serka Anggoro Wibowo (Foto Istimewa)

YAPEN (LINTAS PAPUA) –  Kemajuan suatu bangsa di masa depan ditentukan oleh kualitas pendidikan dan sumber daya manusia (SDM) yang ada, hal ini mendorong Babinsa Peduli SDM Ikut  Ajarkan Bahasa Inggris di di SDN 1 Serewen, Distrik Yapen Barat, Kabupaten Kepulauan Yapen.

 

Hal ini sebagaimana dilakukan Serka Arditya Anggoro Wibowo,  Babinsa Koramil 1709-04/Yapbar, sekaligus dirinya menilai, bahwa jika tidak dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, maka bukan tidak tidak mungkin akan tertinggal dan kalah bersaing dalam peta persaingan global yang semakin ketat.

 

“Terlebih dalam era pasar bebas dunia seperti sekarang ini. Kita harus menyadari bahwa masa depan suatu negara bergantung kepada kualitas SDM-nya, sehingga harus dapat mempersiapkan SDM dengan sebaik mungkin sejak dini agar tidak kalah bersaing,” ujar Babinsa Koramil 1709-04/Yapbar, Serka Arditya Anggoro Wibowo, saat dikonfirmasi, Minggu (2/4/2017).

 

Dikatakan,  untuk mempersiapkan generasi muda agar mampu menjadi Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berkarakter,  maka terpanggil hatinya untuk membantu mengajar bahasa Inggris di SDN 1 Serewen, Distrik Yapen Barat, Kabupaten Kepulauan Yapen.

Baca Juga :  Pertamina Andalkan Inovasi Teknologi untuk Produksi Migas

“Kita menyiapkan dan membekali SDM lokal sejak dini dengan bahasa Inggris, karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional sehingga menjadi kebutuhan dasar kita,” katanya.

 

Dirinya mengakui, sangat terharu dan bangga melihat antusias belajar anak-anak ini, mereka mempunyai motivasi dan semangat untuk dapat menguasai bahasa Inggris.

Serka Anggoro Wibowo berharap, Kedepannya kelas mengajar bahasa Inggris ini bisa tersebar di seluruh sekolah-sekolah di Papua ini baik yang di kota maupun di daerah-daerah serta anak-anak ini bisa menjadi Sumber Daya Manusia yang unggul dalam membangun Papua.

“Tentunya untuk masa depan anak – anak Papua dan  dan ikut serta dalam pembangunan bangsa di era pasar bebas ASEAN,” harapnya.

 

Dirinya menceritakan, Sebelum memberikan materi,  diawali dengan nyanyian dalam Bahasa Inggris sesuai dengan tema pembelajaran Bahasa Inggris yang sedang dipelajari. Dengan adanya warming up berupa nyanyian secara psikologis akan memberikan semangat kepada anak di dalam menerima materi pelajaran baru.

 

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 1 Serewen, Nikolas Pihahe, S.Pd, mengatakan, sangat berterimakasih kepada bapak Babinsa, disini  hal ini sangat perlu itu.

Baca Juga :  CS Kantor Bupati Jayawijaya dan Otonom Miliki Seragam

“Sekolah ini sangat butuh banyak tenaga pendidik, sebab selama ini hanya ada 6 orang guru yang mengajar, dan untuk guru bahasa Inggris belum ada,” akuinya.

Ditambahkan, bahwa pihaaknya sekali lagi berterima kasih kepada TNI yang berkeinginan untuk membantu mengajar bahasa Inggris anak-anak didik kami, semoga bisa menjadi bekal mereka dalam mencapai cita-cita mereka di masa mendatang.

Persaingan ke depan akan semakin ketat dan kita harus mempersiapkan diri, terutama soal keberanian, kepercayaan diri, dan komunikasi berbahasa Inggris. Komunikasi penting terutama berbahasa Inggris dan jangan terlalu rendah diri karena akan dianggap rendah bangsa lain, dan harus percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki. (Eveerth Joumilena)

Related Articles