STQ Turut Wujudkan Motto Heram Emas

Category: Lintas Papua 0 0
Tampak Sejumlah Peserta Seleksi Tilawatil Qur’an Distrik Heram (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Ketua Panitia STQ XXIV Distrik Heram, H.Surindi Abu Hafidz, S.Ag, M.S.I menyatakan jika dunia anak-anak membutuhkan media, sebagai pelajar dan remaja muslim ya Seleksi Tilawatil Qur’an ini.

 

“Karena selama ini sumber rujukan dikalahkan oleh hal-hal yang berbau hiburan yang glamour, namun kurang dengan yang berbau religious.,” ujar Ketua Panitia STQ XXIV Distrik Heram, H.Surindi Abu Hafidz, S.Ag, M.Si., ditempat kegiatan, di Expo Waena, Jumat (31/ 3/2017)

 

 

 

Sementara itu, Ketua LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an) Distrik Heram, H. Musawir Rahakbauw S.Pd.I menegaskan, bahwa ajang  STQ selain kesiapan lomba, juga perdalam iman dan ketakwaan tentang al quran dari peserta.

 

“Secara umum kegiatan STQ XXIV Distrik Heram mengacu kepada peraturan pemerintah  yang mana diarahkan untuk diadakan secara serempak tingkat distrik dan kota/kabupaten, namun Distrik Heram baru terlaksana,” ujar Musawir, saat diwawancara usai pembukaan STQ di Masjid Expo Waena, Jumat (31/3/2017).

 

Serempak karena tidak semata – mata hanya sekedar tradisi, tetapi mencari yang terbaik untuk tingkat Kota hingga Nasional. Ada batasam umur, namun dibuat dua cabang lomba, Tilawatil Quran dan Tanfiz Quran, jus 1, 5, 10  dan 20 biasa disebut hafalan.

Baca Juga :  DPR Kunjungi Jerman Utara Jajaki Kerjasama Pendidikan

 

 

 

 

 

“Sesuai dengan Motto Heram Emas, sehingga kami siapkan generasi -generasi Qurani adalah bisa memahami alquran dan nilai – nilai keagamaan dengan baik,” jelasnya.

 

Ketua LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an) Distrik Heram, H. Musawir Rahakbauw S.Pd.I (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

Heram emas adalah pengamalan dan nilai – nilai keagamaan dijalankan baik sebagai wujud turut serta berpartisipasi dalam pembangunan di wilayah Distrik Heram.

 

“Semua diambil dari utusan dari 11 masjid dan dua musolah dan kami bekerjasama dengan para  pengurus masjid,” ucapnya.

 

 

 

 

 

Dijelaskan, cabang lomba yang dilaksanakan yakni, Cabang Tilawah yang terdiri dari tartil dengan peserta anak-anak dan dewasa. Cabang Hifzh yang terdiri dari golongan 1, 5, 10, 20, dan 30 juz. Cabang Musabaqoh Khath Alqur’an ini merupakan jenis lomba yang menakankan pada kaidah kath , keindahan dan kebenaran kaidah rasam utsmani.

 

Ketua Panitia STQ XXIV Distrik Heram, H.Surindi Abu Hafidz, S.Ag, M.Si (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

 

 

“Terlepas dari hal lomba kita juga mendorong untuk lebih maju lagi, terutama dalam mengusai dua cabang yang dilombakan,” harapnya.

 

Dari pantauan situasi, tampak sejumlah nyanyian musik islam terdengar dan beberapa pemuda ikut bernyanyi bersama sesuai ayat suci Alquran.  (Eveerth Joumilena)

Related Articles