Pemekaran Kabupaten Puncak Timur di Papua Disetujui Pemerintah

Category: Lintas Papua 39 0
Bupati Puncak Willem Wandik, SE, M.Si, saat berdialog dengan masyarakat di Distrik Sinak (Dikominfo Puncak )

SINAK (LINTAS PAPUA) – Rencana pemekaran Puncak Timur, dengan ibu kota  di Distrik Sinak, sudah memenuhi syarat administrasi layaknya sebuah Kabupaten, sehingga Bupati Puncak, Willem Wandik  berharap agar masyarakat di Distrik Sinak dan distrik sekitarnya, bersabar dan berdoa dan serta bersatu, menjaga keamanan, sehingga Kabupaten tersebut, secepatnya bisa disetujui oleh pemerintah pusat.

 

 

 

 

“Syarat administrasi untuk mendukung Kabupaten, baik pemekaran distrik, dan kampung, maupun administrasi lainnya seperti wilayah, penduduk, semua sudah selesai, sedang digodok di pusat, pemekaran sudah di depan mata,  sehingga saya minta masyarakat Sinak, berdoa saja,” ujar Bupati Puncak, Willem Wandik, SE, M.Si, di Sinak, Senin (20/3) pekan lalu.

 

 

Bahkan dalam kunjungan Bupati Puncak ke Distrik Sinak, Senin (20/3), kemarin, ternyata masyarakat secara resmi menyerahkan tanah hak ulayatnya kepada pemerintah untuk dijadikan lokasi pembangunan Kabupaten pemekaran Puncak Timur, melalui Kepala sukunya Negro Wanimbo.

Masyarakat Puncak saat pesta bakar batu dan menari dilapangan Trikora Kabupaten Puncak (Eveerth/LintasPapua.com)

“Hari ini mereka sudah serahkan tanah cukup luas kepada pemerintah, dari Bandara sampai di kepala kali, itu akan menambah syarat bagi kita untuk diserahkan ke pusat, sebagai syarat pemekaran Kabupaten Puncak Timur,” ungkap Bupati.

Baca Juga :  DPRD Kota Jayapura Bahas Raperda Perlindugan Masyarakat Adat

 

 

 

 

 

 

Kata Bupati Pemekaran Puncak Timur, merupakan prioritas program dalam kepemimpinannya, bahkan dirinya selalu berjuang di pusat, sebab saat ini daerah Sinak membutuhkan pemekaran Kabupaten, agar daerah ini juga bisa berkembang sama seperti daerah lain.

“Apalagi daerah ini dikenal sebagai daerah konflik, sering terjadi kontak senjata antara kelompok sipil bersenjata (KSB) dengan TNI/Polri, dampaknya adalah pembangunan tidak berjalan dengan baik,dan masyarakat Distrik Sinak dan sekitaranya yang rugi, mereka tidak berkembang sama seperti saudara-saudaranya yang lain, masih tertinggal, sehingga satu jalan untuk membangun daerah ini, hanya dengan pemekaran daerah,” jelasnya.

 

Disampaikan, bahwa semua syarat yang diperlukan sebagai dasar pemekaran Puncak Timur, sudah rampung, kita berdoa, mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama, Kabupaten ini bisa ada untuk menjawab persoalan pembangunan di daerah ini.

Pentingnya Pemekaran , agar memperpendek rentang kendali pelayanan pemerintah, terutama masa depan anak – anak di Puncak (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

Sementara itu Kepala suku wilayah Sinak, Negro Wanimbo menjelaskan bahwa masyarakat di 10 distrik di wilayh Sinak dan sekitarnya, mendukung program Bupati Puncak, terkait perjuangan untuk pemekaran Kabupaten Puncak Timur, karena pemekaran Kabupaten ini sudah menjadi kerinduan masyarakat sejak lama.

Baca Juga :  HIPMAS Dukung Kebijakan Presiden Jokowi Bangun Infrastruktur Papua

 

 

“Kami masyarakat Sinak mendukung program dari Bupati untuk berjuang soal pemekaran Puncak Timur, harapan kami agar seluruh masyarakat mendukung, jangan pecah, sebab hanya pemekaran bisa menjawab persoalan pembangunan di daerah ini,”ungkapnya. (Dikominfo Puncak  / Isak)

Related Articles