BWS Papua Akui Banyak Sungai di Jayapura Telah Rusak

Category: Lintas Papua 17 0

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Papua, Happy Mulya  mengatakan, hampir sebagian besar  sungai – suangai di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura mengalami kerusakan.

 

Secara umum telah rusak, misalnya dari seputar Kota Jayapura hingga ke Pegunungan Cycklop memang banyak yang  telah rusak,”  ujar Happy Mulya, , kepada media, usai memberikan materi Serasehan Hari Air Dunia di Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih, di Perumnas III Waena, Rabu (22/3).

 

Dikatakan, tentunya penyebabnya adalah karena hutaan yang dibabat habis serta adanya  pembukaaan pemukiman baru dan perladangan.

 

“Semuab harus di kontrol,  sebab hal ini yang dulunya ada pohon, bisa menyerap air tanah, bisa menjadi air sungai ke danau dan laut, namun dengan perkembangan juga telah menutup semua,” katanya

 

Ditambahkan, demikian juga adanya penduduka yang bertambah,s ementara pemhaman masyarakat tidak semuaa merata untuk menjaga lingkungan dan daerah aliran sungai.

“Pemukimamn juga sekarang overload, ini juga tidak terkendai, disisi lain ada sungai yang benar – benar mati dan ada yang intermiten, artinya saat ada hujan baru sunga ini  ada air,” jelasnya.

Baca Juga :  DIVESTASI SAHAM FREEPORT UNTUK SIAPA ? “KAMI BUKAN MENGEMIS SAHAM” (Masalah Kontrak Karya Freeport Indonesia)

Happy menegaskan, dalam pekerjaan di intansinya memang ada konservasi dan kita bangun bendungan dan juga sedimen, sebagaimana belum lama ini dibangun di Kali Kampwolkr.

“Lalu kta bangun check dam di Kampung Harapan, kalau rusak di hulu itu domain nya kehutanan, artinya mari kita sama – sama semua menjaga hutan serta membagi tugas untuk melihat semua proses ini, termasuk melibatkan akademisi dna mahasiswa serta masyarakat,”  katanya. (Eveerth Joumilena)

Related Articles