Sisi Lain John Wempi Wetipo, Hobi Menyelam dan Cinta Alam

John Wempi Wetipo (JWW), saat menyelam di Pulau Owi Kabupaten Biak (Istimewa)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Tidak ada yang menyangka ditenggah kesibukannya sebagai Bupati Kabupaten Jayawijaya, John Wempi Wetipo (JWW) memiliki hoby yang special yaitu menyelam (diving) dan cinta alam.

Sejumlah tempat dipesisir pulau Papua telah ia selami, mulai dari teluk youtefa, pulau Liki di Sarmi, Raja Ampat dan yang terakhir di pualu Owi Kabupaten Biak Numfor.

Ditemani jurnalis Harian Pagi Papua dan TVRI Papua, Jumat (17/3/2017) speedbout yang di nakodai Yulius Kapitarau membawa rombongan JWW menuju Pulau Owi salah satu pulai di pinggirang Kabupaten biak Numfor.

Setelah tiba di pulau Owi, JWW, Ulis (sapaan akrab Yulias) dan Agus mulai mempersiapkan peralatan untuk menyelam. Setelah semua siap, JWW mulai turun ke air untuk menyelam.

Kurang lebih 60 menit, JWW timbul di permukaan air dengan membawa tiga ekor ikan, ikan cakalang, ikan pasir dan ikan salam. Hasil tangkapan ini kemudian dibawa ke pantai untuk bakar dan makan.

Dalam cerita singkat JWW mengaku, menyelam ini merupakan favoritnya dan itu ia lakukan saat waktu kosong atau untuk menghilangkan kepengatan dari rutinitasnya kerjanya.

“Saya paling hoby menyelam, dan kalau kita cape kerja atau waktu kosong saya menyelam, dan semua rasa lela itu hilang ketika kita melihat indahnya panorama bawah laut,” ungkap Wempi Wetipo.

Menurut Wempi Wetipo, menyelam memiliki nilai seni yang tinggi, karena didaalam air kita bisa melihat indahnya bawah laut yang tidak semua orang dapat melihat  kecuali menyelam.

“Ketika kita dalam air, segala jenis ikan dan terumbu karang dapat kita lihat dan itu sangat menghibur,” ungkap JWW dengan senyum.

Selain bisa merakan keindahan bawah laut, menyelam juga menguji adrenalin kita, dimana seketikan kita akan berhadapan dengan ikan atau hewan buas bawah laut.

Pengelaman tak terlupakan ketika ia menyelam di pasir  Jayapura, tutur JWW, saat menyelam ia menembak ikan tenggiri, ia dikeliling oleh enam ikan hiu.

“Saya panah ikan, tiba-tiba hiu enam ekor muncul. Ikan hiu itu donk mau makan ikan yang saya panah, cuma karna donk enam ekor jadi langsung saya menghidar, karena takut donk serang serang ikan tenggiri kena saya,” tutur Wempi wetipo mengenang.

Bagi JWW, menyelam itu sesuai yang tidak bisa dilepas dari rutinitasnya disaat weekand atau libur, karena lebih baik menyelam dilaut dari pada keluar daerah melakukan hal-hal yang kemudian bisa menjadi masalah di kemudian hari. ( JW)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...