Pertamina dan Kodam Gelar Khitanan Massal di RS Marten Indey

Category: Lintas Papua 12 0
Suasana Pelayanan khitanan massal di Rumah Sakit Marthen Indey (LintasPapua.com)

JAYAPURA (LP)  –  Kodam XVII/Cenderawasih bekerja sama dengan Pertamina menggelar khitanan massal, operasi bibir sumbing dan operasi katarak yang diikuti sekitar 320 orang dewasa dan anak-anak, di Rumah Sakit Marthen Indey, di Kota Jayapura, Selasa (13/12/2016).

 

Kegiatan ini sebagai bagian dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Juang Kartika ke-71  Tahun 2016. Untuk khitanan jumlah yang hadir 140 orang yang terdiri 62 orang wanita dan 78 laki-laki. Terlihat antusias para peserta khitanan yang sudah datang semenjak waktu fajar. Selain mendapat fasilitas khitan gratis, para peserta khitan juga mendapat santunan uang dan seperangkat baju koko.

 

Kegiatan khitanan massal ini merupakan salah satu kegiatan yang bernuansa sosial dan religi serta salah satu bentuk kepedulian TNI-AD kepada masyarakat dalam membantu mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk membantu meringankan beban masyarakat khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu dari segi ekonomi. Kegiatan ini mengundang banyak perhatian masyarakat terlihat dari antusias masyarakat yang hadir untuk berpartisipasi mengikuti kegiatan. Dalam penyelanggaraan khitanan massal melibatkan 4 orang Dokter Spesialis Bedah, 4 orang Dokter Umum dan 14 orang tenaga medis baik dari Kodam XVII/Cenderawasih maupun dari Pertamina.

Baca Juga :  Pemprov Papua Siapkan Rp. 3 Miliar Sekolahkan Guru Dari 5 Wilayah Adat

Karumkit Marten Indeey ketika dikonfirmasi media menyampaikan, selain dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke-71, kegiatan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban warga masyarakat khususnya bagi yang kurang mampu dari segi ekonomi.

Dikatakan, untuk menggelar khitanan massal itu disiapkan 22 orang tim medis, sehingga bisa melayani peserta khitan dengan baik,” kata Karumkit.

Dalam wawancara dengan salah satu masyarakat disela-sela kegiatan tersebut menyampaikan acara khitanan massal ini sangat membantu serta meringankan beban masyarakat khususnya bagi yang kurang mampu. Masyarakat juga berharap kegiatan seperti ini tetap dilaksanakan di waktu-waktu mendatang. Untuk kedepannya acara khitan seperti ini diharapkan dapat menghimpun peserta yang lebih banyak dan lebih inovatif lagi. Semoga kegiatan khitanan massal ini dapat bermanfaat bagi masyarakat.

 

Dalam memperingati Hari Kartika Juang ke 71 tahun 2016 ini Kodam melakukan beberapa kegiatan yang sudah dimulai sejak 7 Desember kemaren sampai menjelang nanti 15 Desember. Kegiatan tersebut diantaranya pengibatan massal, karbak, donor darah, khitanan massal, operasi katarak, operasi bibir sumbing, bazar murah, ziarah ditutup dengan upacara. Untuk bazar murah akan dilaksanakan besuk pagi Rabu 14 Desember 2016 bertempat di GOR Cenderawasih Jayapura, sedangkan upacara dilaksanakan di lapangan Makodam XVII/Cenderawasih pada 15 Desember 2016. (Eveerth Joumilena)

Related Articles