KPU Kota Jayapura Ajukan Kasasi Terkait Putusan PTTUN

Category: Lintas Papua 20 0
Divisi Teknis KPU Kota Jayapura, Jusuf Sraun (berdiri) dan Ketua KPU Kota Jayapura, Jermias Numberi (Duduk), saat menunjukan Bukti Surat Pendaftaran Kasasi di PTTUN Makassar (LintasPapua.com/Eveerth)

JAYAPURA (LP)  –  KPU Kota Jayapura secara resmi mengajukan Memori Kasasi ke Mahkamah Agung melalui Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara   (PT TUN) Makassar, Sulawesi Selatan,  terhadap hasil putusan menyangkut masalah keabsahan dukungan Partai Persatuan dan Kesatuan Indonesia kepada pasangan calon Wali Kota Jayapura.

Menyikapi hal tersebut, KPU Kota Jayapura melalui Kuasa Hukum Pemohon Kasasi, Laode Muhammad Rusliadi, S, SH., mengatakan , bahwa pihaknya telah melakukan pendaftaran ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) dengan nomor 21/G/Pilkada/20/2016/PT.TUN.MKS tanggal 6 Desember 2016, yang diterima oleh Panitera, Drs. Sampirin Hadi, SH, MH.

Ketua KPU Kota Jayapura, Jermias Number mengatakan, bahwa pihaknya sudah melakukan Kasasi terhadap keputusan yang ada dan selanjutnya akan menunggu jadwal dari sidang di Mahkamah Agung (MA).

“Jadi selama jangka waktu 7 hari sesuai Undang – Undang Nomor 10/2016 pasal 154 ada ayat berbunyi, KPU Kota dan KPU Provinsi menindaklanjuti PTUN dalam jangka waktu 7 hari dan sampai tanggal 13 hari ini, dimana sudah kami daftar Kasasi,” ujar Jermias Numberi, kepada LintasPapua.com, di kantornya, di Abepura, Selasa (13/12).

Baca Juga :  Pemkab Jayapura Telah Transfer Rp. 65 Miliar Untuk PSU

 

Sementara itu, Divisi Teknis KPU Kota Jayapura, Jusuf Sraun berharap, adanya sikap tenang dan sabar dari masyarakat dalam mengikuti proses yang ada, sebab pihaknya masih menunggu hasil keputusan yang  lebih tinggi.

“Dimungkinkan untuk memakai proses hukum  lanjutan hingga ini kami lakukan, sehingga masyarakat harus bersabar,” pesannya.

Jusuf Sraun menjelaskan, bahwa pihaknya telah melakukan rapat pleno dan akan menyurati kepada pasangan calon terhadap hasil  keputusan dan jugaa kepada KPU Papua dan KPU RI serta pihak terkait lainnya.

“Untuk jadwal sidang memang belum ada,  akan tetapi melalui pengacara kami akan diberitahukan kemudian, namun kami harapkan rakyat tetap tenang,” harapnya.

 

Sebellumnya, dilaporkan,  Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Makassar mengugurkan dukungan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) terhadap pasangan calon Walikota Jayapura dan Wakil Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano–Rustan Saru dan Boy Markus Dawir-Nur Alam, dalam putusan sidang yang digelar, Selasa (6/12/2016).

 

Sidang putusan yang dipimpin Hakim Ketua Dr. Arifin Marpaung didampingi dua hakim anggota yakni Kamer Togatorop dan H. Edi Supriyanto, memerintahkan KPU Kota Jayapura membatalkan Surat Keputusan tentang Penetapan Calon Walikota dan Wakil Walikota Jayapura Tahun 2017 yakni Benhur Tomi  Mano  dan H. Rustan Saru dan Boy Markus Dawir dan H. Nur Alam.

Baca Juga :  Pertamina Dukung Penguatan Pendidikan di Kawasan Timur

 

Dalam amar putusannya, Hakim Ketua juga membatalkan surat keputusan KPU Kota Jayapura tertanggal 24 Oktober 2016 Nomor 56 /KPTS/KPU-KP-JPR/X/2016 tentang penetapan pasangan calon dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jayapura Tahun 2017, kemudian memerintahkan KPU Kota Jayapura untuk mencabut SK tersebut.

 

Namun, dengan melihat aturan hukum memungkinkan KPU Kota Jayapura telah melakukan Memori Kasasi ke Mahkamah Agung melalui Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) Makassar, bersamaan dengandigelarnya rapat pleno pengajuan Kasasi oleh KPU Kota Jayapura dan selanjutnya akan disampaikan kepada para kandidat dan KPU RI dan KPU Papua. (Eveerth Joumilena)

Related Articles