Pasangan Tabuni – Gwijangge Siap Bawa Nduga Bebas Pendidikan

Category: Lintas Papua 26 0
Pasangan SOBAT saat berkampanye (LintasPapua.com)
Pasangan SOBAT saat berkampanye (LintasPapua.com)

JAYAPURA (LP) – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nduga nomor urut dua, Samuel Tabuni – Obed Gwijangge mulai melaksanakan kampanye pertama di daerah pemilihan 1 dan 3 di Kabupaten Jayawijaya, yang dihadiri oleh mantan wakil gubernur papua, Aleks Hesegem, Anggota DPRD Nduga, Ketua LMA Nduga, dan ribuan massa pendukung pasangan Sobad.

Dalam orasinya, Samuel Tabuni menyampaikan bahwa salah satu alasan dirinya maju adalah untuk menjadikan Nduga menjadi Kabupaten yang maju, baik dari segi Infrastruktur, Ekonomi, Pendidikan dan Kesehatan.

 

“Sejak Kabupaten Nduga dimekarkan dari tahun 2008 hingga saat ini masyarakat Nduga belum merasakan pembangunan sepenuhnya, dimana masih ada sembilan puluh tiga persen masyarakat masih hidup dalam keterisolasian, jauh dari pembangunan, tingginya angka buta aksara, dan penyakit yang menyerang masyarakat, dan melakukan pembangunan di bidang Infrastruktur dengan membangun pelabuhan di wilayah Nduga sehingga menjadi pusat perdagangan di wilayah pegunungan, Sekaligus mengembalikan nama Kabupaten Nduga yang sering disebut sebagai zona merah atau zona konflik oleh masyarakat di Papua. “ kata Samuel Tabuni, saat dikonfirmasi, Sabtu (19/11)

 

Ditambahkan bahwa ada 3 kritikal isu yang akan diperbaiki, yaitu,  sosial budaya dimana didalamnya terdapat konflik intrnalyang perlu diselesaikan, pembangunan infrastruktur yang layak, dan penguatan Sumbaer Daya Manusia (SDM).

majuuuuuuuu-pa-sam

“Untuk menyelesaikan ketiga masalah ini, maka kami akan menggandeng Lembaga Adat dan gereja setempat untuk menyelesaikan hal-hal ini, kenapa? Karena kedua lembaga ini adalah lembaga yang pertama hadir dan mengurus masyarakat Nduga sebelum pemerintah hadir, sehingga saat terpilih lima tahun ke depan program ini yang akan di pakai untuk di terjemahkan ke masyarakat, karena kita tidak bisa membangun masyarakat yang sembilan puluh tiga persen masih hidup dalam keterisolasian, dengan cara yang baru, “ jelasnya.

Baca Juga :  Pemkab Jayapura Telah Transfer Rp. 65 Miliar Untuk PSU

 

 

 

Selain itu ucap Samuel Tabuni yang juga ketua Nasdem Kabupaten Nduga menyampaikan, dalam pembangunan ke depan ada tiga aspek yang urgen dan di prioritaskan, yakni pendidikan, kesehatan, dan pembangunan infrastruktur bagi masyarakat. “ untuk pendidikan kita akan terapkan pendidikan pola asrama sehingga anak SD hingga SMA tinggal di asrama dan di perhatikan oleh pemerintah secara resmi.

 

 

Sementara di bidang kesehatan kita akan lakukan diagnosa penyakit yang sering menyerang masyarakat Nduga, sehingga dari situ maka akan dilakukan penanganan secara terarah, dan ketiga adalah pembangunan pelabuhan sesuai dengan perintah Presiden Jokowi yang akan membangun pelabuhan induk di Nduga yang nantinya digunakan untuk membantu seluruh masyarakat di 8 Kabupaten  wilayah pegunungan, “ ungkapnya.

Alex Hesegem bersama Pasangan Calon SOBAT saat berkampanye bersama masyarakat (LintasPapua.com)
Alex Hesegem bersama Pasangan Calon SOBAT saat berkampanye bersama masyarakat (LintasPapua.com)

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Partai Nasdem Papua, Aleks Hesegem, menyampaikan bahwa, pembangunan di daerah Nduga harus dimulai dari  kampung, sehingga ia menganggap pasangan calon bupati dan wakil bupati kabupaten nduga nomor urut dua, Samuel Tabuni-Obed Gwijangge  merupakan pasangan yang cocok untuk memimpin, karena pasangan ini membangun dengan hati.

“Kita minta supaya orientasi pembangunan baik rumah sakit, sekolah, di lakukan dari kampung, ibu hamil dan anak-anak diberikan makanan bergizi, diarahkan hidup sehat, sehingga saat melahirkan anak-anak bertumbuh dengan baik, hidup sehat sehingga menjadi generasi penerus Nduga yang pintar dan sehat yang akan meneruskan pembangunan, “ ujarnya.

Baca Juga :  Bantuan Kemanusiaan Indonesia Tiba di Yangon Myanmar

Untuk itu saya himbau seluruh masyarakat Nduga, supaya memilih pemimpin yang membangun dengan hati, dan menurut saya adalah pasangan Samuel Tabuni-Obed Gwijangge  yang mampu melakukan hal tersebut, “ sambungnya.

Aleks Hesegem yang juga mantan Wakil Gubernur Papua, menambahkan, masyarakat Nduga juga harus mencari pemimpin yang mampu menyatukan masyarakat nduga dari konflik yang selama ini terjadi yakni perang suku, karena dengan hidup damai maka pembangunan dapat dilakukan dan masyarakat bisa sejahtera.

 

 

“Saya pesan lagi bahwa masyarakat harus mampu mencari pemimpin yang mampu mempersatukan masyarakat Nduga sehingga tidak lagi ada perpecahan, tidak ada lagi perang suku, dengan demikian maka pembangunan di Nduga bisa berlangsung dan masyarakat sejahtera, “ pesannya.

Suasana Massa Aksi Pendukung Pasangan Samuel Tabuni - Obed Gwijangge di Kenyam.(LintasPapua.com)
Suasana Massa Aksi Pendukung Pasangan Samuel Tabuni – Obed Gwijangge di Kenyam.(LintasPapua.com)

 

Ia juga meminta, kepada seluruh kandidat Bupati dan Wakil Bupati lain untuk sama-sama menciptakan kondisi yang damai saat Pilkada, karena yang terpilih nanti adalah putra asli Nduga yang akan membangun Nduga dalam waktu lima tahun kedepan. (Eveerth)

Related Articles