KPU Papua Gelar Rakor Cek Kesiapan Pilkada Serentak 2017

Suasana Rapat Koordinasi KPU Papua bersama 11 KPU Kabupaten/Kota di Grand Abe Hotel (LintasPapua.com/Eveerth)
Suasana Rapat Koordinasi KPU Papua bersama 11 KPU Kabupaten/Kota di Grand Abe Hotel (LintasPapua.com/Eveerth)

JAYAPURA (LP) –   Rapat Koordinasi antara KPU Papua dan KPU 11 Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pilkada Serentak adalah untuk mengecek kesiapan penyelenggara dan mengecek pemutahiran data pemilih serta kelengkapan lainnya, bertempat di Grand Abe Hotel, Senin (14/11).

Hal inidisampaikan Ketua KPU Papua, Adam Arisoy, kepada , LintasPapua.com,  sekaligus menjelaskan, bahwa rapat koordinasi juga akan diisi dengan pemateri dari Kodam XVII Cenderawasih dan Kapolda Papua.

 

“Pada prinsipnya kami akan mengecek semua kesiapan dari 10 Kabupaten dan 1 Kota yang akan melaksanakan Pilkada Serentak, sedangkan terkait dengaan pemutahiran data adalah sesuai Daftar Pemilih Sementara mengacu pada Pemilihan Presiden lalu,” katanya.

 

Selain itu, kata Adam Arusoy, pihaknya  juga akan mengecek alat peraga kapanyedan bahan kampanye, dalam hal ini sejauh mana  kesiapan dan pelaksanaannya sesuai ketentuan yang ditetapkan  bersama Panwas.

Anggota KPU Papua, Izak Hikoyabi (LintasPapua.com)
Anggota KPU Papua, Izak Hikoyabi (LintasPapua.com)

“Kita juga akan mengecek jadwal kampanye dan memberikan penguatan  bagi teman – teman penyelenggara,” katanya.

 

Sementara itu, Anggota KPU Papua, IzakHikoyabi, mengatakan, Rakor ini adalah untuk  menghimpun laporan awal dalam rangka Rapim Nasional KPU di Medan nantinya, sehingga saat ini tepat untuk mengcek semua tentang pencalonan data pemilih, dana kampanye, APK pengadaannya dan apa saja yang sudahdicetak, kemudian batasan dana kampanye, laporan keuangan dan selisih saldo.

 

“Untuk Kota Jayapura masalah anggaran yang perlu revisi dan inidiperbolehkan, semua iniakan dibicarakan KPU Kota dan Pemerintah Kota Jayapura, sementara lainnya tidak ada masalah dan semua sedang dibahas,” katanya.

 

Untuk Kerawanan, Katanya, Kalau Sarmi adalah masalah Daftar Pemilih Tetap, demikian juga daerah yang lain, akan tetapi

kapolda-dan-ketua-kpu-papua
Kapolda Papua bersama Ketua KPU Papua

semua akan dilihat dan dicek baik lagi.

 

Sementara itu, Kapolda Papua, Brigjen Paulus Waterpauw, saat memberikan materi berharap setiap Anggota KPU  kabupaten/kota dapat melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian maupun intelejen dalam rangka pengamanan.

 

“Sebelum terjadi sesuatu yang rawan, hendaknya sudah berkomunikasi dengan aparat keamanaan, sehingga ada upaya pengamanan,” katanya.

 

Demikian Pemateri dari Kodam XVII/Cenderawasih, yang diwakili Kasdam XVII/Cenderawasih, Brigjen TNI Herman Asaribab mengajak semua penyelenggara selalu waspada dengan keamanan dan tetap bekerja sesuai aturan, sebab KPU adalah penyelenggara dan harus bekerja sesuai aturan perundangan suasana-rakor– undangan. (Eveerth)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...