Yanni Peduli Tokoh Papua, Kunjungi Barnabas Suebu di Penjara

Category: Lintas Papua 21 0
Tersenyum dalam Suasana Pertemuan Barnabas Suebu, Ibu Yannni dan Konsultan hukum, Arsi Divinubun, di LP Suka Miskin Bandung, Kamis (6/10/2016) (Foto Facebook Yanni)
Tersenyum dalam Suasana Pertemuan Tokoh Papua, Barnabas Suebu, Ibu Yannni dan Konsultan hukum, Arsi Divinubun, di LP Suka Miskin Bandung, Kamis (6/10/2016) (Foto Facebook Yanni)

JAYAPURA (LP)  – Calon Bupati Jayapura, Yanni, SH, selain siap maju dan membangun Bumi Kenambay Umbay, namun menunjukan kepedulian dengan Tokoh Papua, diantaranya dengan mengunjungi Tokoh Nasional asal Papua, Basnabas Suebu, sekaligus merayakan hari ulangtahunnya  di Lembaga Pemasyarakatan Suka Miskin Bandung,  Kamis (6/10/2010).

 

“Saya berkesempatan mengunjungi salah satu Tokoh Papua, bahkan Tokoh Nasional yaitu Bapak Barnabas Suebu di Lembaga Pemasyarakatan Suka Miskin Bandung. Saya yang didampingi konsultan hukum Sdr. Arsi Divinubun, SH dan diterima dengan sangat baik oleh kaka Barnabas Suebu,” ujar Ibu Yanni, dalam postingannya di halaman faceboknya, Jumat (7/10/2016).

 

Dikatakan, setelah diterima secara baik oleh Mantan Gubernur Papua ini , selanjutnya dilakukan diskusi selama dua jam dan berbicara ringan.

 

“Beliau (Barnabas Suebu – red), lebih banyak menceritakan kasus yang menimpanya dan membuat Barnabas Suebu harus mendekam di LP, beliau cukup kecewa karena selama menjalani persidangan hingga vonis, majelis hakim yang menangani kasus beliau tidak mempertimbangkan jasa dan pengabdiannya selama 50 tahun kepada bangsa dan negara,” ucap Yanni, menirukan ucapan Kaka Bas, julukan Barnabas Suebu ini.

 

 

Ditambahkan,  padahal sebagian basar hidupnya dibhaktikan untuk bangsa mulai dari saat menjadi gubernur hingga duta besar beberapa kali di negara yang berbeda. “Beliau juga banyak menceritakan pengalamannya selama menjadi pejabat baik di Papua maupun di pusat,” katanya.

Ketua Partai Gerindra Papua ini menceritakan, kalau Barnabas Suebu menceritakan apa yang menimpanya hari ini dan semuanya dijadikan pengalaman yang amat berharga.

Baca Juga :  Dirjen Sosial Buka Rekrutmen Pendamping PKH Papua

 

“Kalau bicara bersalah apalagi dibilang korupsi beliau tidak akan pernah merasakan hal tersebut, tapi karena ini adalah sebuah proses hukum yang berlaku dan harus dipatuhi, sebagai warga negara yang baik saya harus menjalaninya,” lanjutnya.

 

Mendengar semua ini, Kata Perempuan Peduli Masyarakat Kecil ini , bawha dirinya merasa sangat terharu, karena walaupun bagaimana beliau adalah tokoh besar, tokoh politik dan tokoh yang punya andil besar dalam membangun Papua.

 

“Terlepas dari kasus yang dialami hari ini, saya yakin dan percaya nama kaka bas tidak akan pernah pudar dalam hati masyarakat papua. Beliau adalah tokoh Papua pertama yang muncul dan diperhitungkan di tingkat nasional. Beliau adalah peretas jalan bagi kemunculan tokoh –  tokoh Papua lain di kancah nasional,” tuturnya memberikan pengakuan untuk Kaka Bas.

 

Ibu Yanni juga mengunjungi Tokoh Papua lainnya, Jannes Johan Karubaba dan Irenius Adii di LP Suka Miskin Bandung (Foto Istimewa Facebook Yanni)
Ibu Yanni juga mengunjungi Tokoh Papua lainnya, Jannes Johan Karubaba dan Irenius Adii di LP Suka Miskin Bandung (Foto Istimewa Facebook Yanni)

Informasi yang diterima, hal ini menjadi kerinduan dari Ibu Yanni, bahwa bahkan dirinya pernah menyurati Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  secara resmi dalam kapasitas sebagai Wakil Ketua DPRP. Tetapi tidak diperbolehkan,  dan waktu terus bergulir dalam kesibukan hingga akhirnya mendapat kesempatan bertemu.

 

“Hari ini saya dapat bertemu. Dalam kesempatan silaturrahmi ini, saya sampaikan kepada kaka Bas, bahwa kunjungan saya tidak ada hubungan apa pun dengan keikutsertaan dalam Pilkada Kabupaten Jayapura saat ini. Sudah cukup lama sekitar tahun lalu ketika belum berpikir maju di kab jayapura, saya telah merencankan mengunjungi kaka Barnabas Suebu,” akuinya.

 

Tentunya menjadi doa masyarakat Papua, agar Kaka Barnabas Suebu, tetap dijaga Tuhan dan diberian kekuatan dan kesehatan, sebagaimana juga menjadi pesan Ibu Yanni kepada Kaka Bas, agar  tetap tegar dan menjaga kesehatan.

Baca Juga :  Calon Perseorangan Harus Miliki 29.285 Dukungan

 

“Semua orang berpotensi mengalami hal seperti ini, apalagi seorang pemimpin, dan inilah salah satu resiko dari setiap pemimpin. Akhirnya saya sampaikan terima kasih banyak kepada kaka Bas yang sudah berkenan menerima kunjungan saya dan merasa lega,bersyukur karena niat dan keinginan saya untuk mengunjungi kaka Bas telah terkabul. Apalagi ini bertepatan dengan hari ulang tahun saya, jadi saya ingin katakan bahwa hari ini saya merayakan ulang tahun saya bersama kaka Bas dan temui juga dr. Jannes Johan Karubaba dan Irenius Adii, MT di Suka Muskin Bandung,” ungkap Ibu Yanni.

 

Sementara itu, Tokoh Papua, Barnabas Suebu mengatakan, telah mendengar terkait majunya Yanni untuk Pilkada Kabupaten Jayapura, sehingga hal ini sangat baik dan tentunya bisa membangun potensi sumber daya alam yang cukup banyak masih ada dan bagaimana mengelola untuk masyarakat.

“Saya sudah dengar Ibu Yanni maju Kabupaten Jayapura dan ini sangat baik,  sekarang bagaimana mengelola semua untuk kepentingan masyarakat,” pesan  Barnabas Suebu, saat ditemui  Ibu Yanni. (Dhoto Eveerth)

Related Articles