Warga Malawor Buka Lahan Pertanian Dukung Swasembada Pangan

Category: Lintas Papua 3 0
Suasana Pembukaan Lahan Pertanian (LintasPapua.com)
Suasana Pembukaan Lahan Pertanian (LintasPapua.com)

JAYAPURA (HPP)  –   Warga Kampung Malawor Buka Lahan Pertanian Dukung Swasembada Pangan bersama dengan Komando Rayon Militer 1704-10/Makbon membantu dan mendampingi masyarakat Kampung Malawor, Distrik Makbon, Kabupaten Sorong.

 

Seorang Warga Kampung Malawur, Lumberi Whey berharap, seluruh warga kampung ini, program pembukaan lahan ini nantinya dapat membantu kehidupan masyarakat agar lebih sejahtera.

“Mengingat hingga saat ini Kampung Malawor belum memiliki lahan pertanian yang bisa menghasilkan beras,” ujar Seorang Warga Kelompok Tani Kampung Malawur,  Lumberi Whey.

Dirinya menambahkan, “karena terbatasnya lahan, sehingga masyarakat hanya bercocok tanam dengan menanam tanaman – tanaman ala kadarnya, seperti betatas, ubi, dan lain sebagainya.

“Dengan adanya lahan yang ditanami padi diharapkan masyarakat akan mampu menjual komoditas pertanian dengan nilai ekonomis, sehingga taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik,” ucapnya optimis.

 

Sebagaimana diketahui, Program ketahanan dan swasembada pangan Nasional yang dicanangkan oleh Pemerintah merupakan tanggung jawab kita bersama, khususnya yang berkecimpung di bidang pertanian.

Baca Juga :  Panitia HUT Proklamasi Jayawijaya Sudah Aktifkan Lomba

 

Dalam upaya ini, aparat Teritorial dan satuan kewilayahan TNI turut berperan aktif membantu seluruh lapisan masyarakat, khususnya kelompok tani sesuai dengan wilayah binaan satuan masing-masing.

 

Guna mendukung suksesnya program yang dicanangkan Pemerintah tersebut, Minggu, 02/10/2016 Komando Rayon Militer 1704-10/Makbon membantu dan mendampingi masyarakat Kampung Malawor, Distrik Makbon, Kabupaten Sorong dalam melaksanakan pembersihan dan penyiapan lahan pertanian yang akan digunakan untuk para kelompok tani di kampung tersebut.

 

Dalam kesempatan tersebut Danramil 1704-10/Makbon, Kapten Inf. Soleman Sanggel mengatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan program swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah sekaligus sebagai sarana memupuk rasa kebersamaan dan kepedulian antara warga masyarakat bersama aparat Teritorial setempat sehingga terjalin silaturakhmi dan kekeluargaan yang erat antara satu dengan yang lain.

“Pembersihan dan penyiapan lahan yang dilakukan anggota Koramil 1704-10/Makbon bersama masyarakat setempat ini seluas 40 Hektar yang diharapkan nanti akan mampu membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat Kampung Malawor nantinya,” harap Kapten Soleman. (Dhoto)

Related Articles