Tabuni – Gwijangge Penuhi Syarat, Pengumuman Calon Kada Nduga 24 Oktober

Category: Lintas Papua 29 0
Masyarakat Nduga ikut berpartisipasi dalam sebuah demokrasi (LintasPapua.com/Eveerth)
Masyarakat Nduga ikut berpartisipasi dalam sebuah demokrasi (LintasPapua.com/Eveerth)

JAYAPURA (LP)  –  Masyarakat Kabupaten Nduga diajak tidak terprovokasi dengan adanya informasi yang mengatakan calon tertentu tidak lolos pencalonan, sebab semua proses sedang berlansung dalam tahapan verfikasi berkas oleh KPUD Nduga, yang akan diumumkan 24 Oktober 2016.

 

Ajakan ini disampaikan oleh Ketua Panwas Nduga, Talius Tabuni, menyaikapi adanya informasi yang mengatakan salah satu calon atas nama Samuel Tabuni – Obed Gwijangge tidak lolos, sehingga hal ini tidak benar.

 

“Pengumuman lolos dan tidaknya menjadi calon adalah tanggal 24 Oktober, sehingga masyarakat mari kita menjaga kedamaian daerah dan kepada KPUD Nduga untuk cepat tanggap dengan situasi dan dapat membangun komunikasi baik dengan ketiga  pasangan  calon secara baik,” uajr Talius Tabuni, kepada LintasPapua.com, Rabu (5/10/2016).

 

Ditambahkan, pihaknya selaku pengawas tetap melakukan fungsi pengawasan terhadap proses tahapan yang sedang berjalan dan membangun kesadaran berdemokrasi.

 

“Memang tuga kami masih banyak dengan melihat medan geografis di Nduga yang sangat susah jangkauan antar distrik, sehingga terutama masalah dana kami  banyak kendala,” katanya.

majuuuuuuuu-pa-sam

Sementara itu, Anggota Panwas Nduga, Karlos Kogeya mengakui, hingga kini dari semua laporan dana yang dianggarakan oleh Bawaslu untuk penganggaran kerja dilapangan, namun Pemerintah Kabupaten Nduga belum merespon semua secara baik.

Baca Juga :  SURAT TERBUKA UNTUK PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA JOKO WIDODO DARI ANAK PEGUNUNGAN TENGAH PAPUA, SAMUEL TABUNI

 

“Kami harapkan Pemerintah Kabupaten Nduga dapat menjawab tantangan dan masalah pendanaan sebagaimana yang telah dianggarkan, artinya dana belum jelas, lantas bagauimana kami mau bentuk semua perangkat dan melakukan pengawasan hingga distrik – distrik jauh,” harapnya.

 

Pihaknya berharap adanya jawaban yang jelas dan kami harap semua proses demokrasi dan tahapan teta berjalan baik dan masyarakat tetap tenang menantikan semua hasil dan mendukung pesta demokrasi tanpa harus terhasut dengan persoalan yang tidak penting.

 

“Kami terima informasi hampir saja kantor KPUD Nduga dibakar massa, sehingga hal ini jangan masyarakat cepat terpancing dengan informasi yang salah, mari menahan diri dan mengikuti semua proses dengan baik,” katanya.

 

Sementara itu, Pernyataan Komisioner KPU Papua yang menyatakan pasangan bakal calon Samuel Tabuni – Obed Gwijangge tidak memenuhi syarat , di bantah Obed Gwijangge dan Samuel Tabuni, sebab menuurut kedua pasangan ini bahwa pihaknya telah mengantongi dukungan dari tiga partai politik, yakni Hanura dua kursi dan Nasdem dua kursi serta PDI – Perjuangan satu kursi.

Baca Juga :  Parade Pendidikan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh "Hentikan Miras dan Narkoba"

“Sebab itu, kami menunggu hasil kerja KPU Pusat yang aakan mengumumkan semua pada 24 Oktober 2016,” katanya.

 

Pasangan Calon Obed Gwijangge, Samuel Tabuni dan Jhon Beon bersama  Masyarakat dalam sebuah acara syukuran. (LintasPapua.com)
Pasangan Calon Obed Gwijangge, Samuel Tabuni dan Jhon Beon bersama Masyarakat dalam sebuah acara syukuran. (LintasPapua.com)

Sementara itu, Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Kabupaten Nduga, Jhonny Beon meminta kepada KPU harus lebih waspada dalam meminkan isu politik Pilkada di Papua.

“Kalau memang masih memenuhi syarat, maka yang diumumkan juga harus jelas dan melihat syarat bagi pasangan Samuel Tabuni – Obed Gwijangge, maka memenuhi syarat denhgan dukungan yang ada, yakni Partaai Hanura, Partai Nasdem dan PDI – Perjuangan,” katanya.

 

Sebagaimana diketahui Tiga Putra Terbaik Kabupaten Nduga yang maju sebagai bakal calon adalah Yairus Gwijangge – Wentius Nimiangge (YaWe), “Pasangan calon Daniel Lokbere – Las Nirigi (DaLas) dan Pasangan Samuel Tabuni – Obed Gwijangge (SOBAT). (Eveerth)

Related Articles