Sambut Tim PON Papua, Kota Jayapura Siap Dukung PON XX 2020

Category: Lintas Papua, Olahraga 23 0
prosesi-saat-menerima-bendera-pon-xx-2020
Prosesi Saat Menerima Bendera PON XX 2020 dari Gubernur Papua, Lukas Enembe kepada Sekda Kota Jayapura, R. D. Siahaya di GOR Waringin (LintasPapua.com/Eveerth)

JAYAPURA (LP)  – Sekretais Daerah (Sekda) Kota Jayaura, R. D. Siahaya mengatakan, atas nama masyarakat Port Numbay dan Pemerintah Kota Jayapura memberikan dukungan penuh untuk pelaksanaan PON XX 2020 di Papua, sekaligus menyambut kedatangan Bendera PON XX 2020.

 

Hari ini bumi Port Numbay telah menerima duplikat bendera PON XX 2020, karena itu patut kita bersyukur  kepada Tuhan, atas nama pemerintah dan masyarakat Port Numbay kami menyatakan siap untuk menyelenggarakan dan mensukseskan PON XX 2020 di Papua,” ujar R. D. Siahaya, dalam sambutannya saat menerima Bendera Pataka Duplikat PON XX 2020 di GOR Waringin di Kotaraja, Selasa (4/10).

 

Dikatakan,  mulai hari ini kita mengajak semua masyarakat untuk mengelorakan semangat olahraga  dan korbankan semangat Papua sebagai tuan rumah PON XX 2020.

 

Tim PON Papua saat disambut pelajar dan masyarakat Kota Jayapura (LintasPapua.com/Eveerth)
Tim PON Papua saat disambut pelajar dan masyarakat Kota Jayapura (LintasPapua.com/Eveerth)

Sementara itu, Gubernur Papuia, Lukas Enembe, S.IP. MH, mengatakan, kita saat ini sudah menyerahkan kepada masyarakat Kota Jayapura dan kita mulai kobarkanPON XX 2020.

 

“Waktu di PON XIX Jabar, saya menerima bendera PON di Jawa Barat dan kita bawa ke Papua, Empat Tahun Lima Tahun kedepan untuk mensukseskan PON XX 2020,” kata Gubernur Papua, Lukas Enembe,  dalam sambutannya.

 

 

Ditambahkan,  saat ini anak – anak usia 10 -13 adalah potensial untuk kita terus membina, akrenaa mereka yang akan masuk dalam semarak PON XX 2020 dan kalau Papua tidak dapat kapan lagi, sehingga mari kita semua  mensukseskan PON XX 2020 di Tanah Papua.

Baca Juga :  STQ Distrik Heram, Ajang Membangun Generasi Qur’ani

 

“Sebagaimana sudah pasti diselenggarakan di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura serta Timika, Jayawijaya, Merauke dan Biak, namun semua akan dilihat dari kesiapan daerah juga,” pesannya.

sejumah-atlet-papaua-perahi-emas-di-pon-xix-jawa-barat
Erni Sokoy, bersama sejumlah atlet Papua lainnya yang merahi emas pada PON XIX 2016 di Bandung Jawa Barat, saat ikut proses penyambutan di GOR Waringin Kotaraja, Selasa (4/10/2016)

Bagiaan terpenting adalah menyiapkan venue – venue dan kita semua punya potensi untuk menyiapkan juga atlet – atlet sejak dini. “Saya berharap semua masyarakat mendukung untuk suksesnya PON XX 2020,” tutupnya.

Dalam kegiatan ini, tampak hadir sejumlah atlet Papua perahi medali emas dari berbagai cabang, diantaranyta Erni Sokoy dari Cabang Dayung dan atlet lainnya. Sementara warga masyarakat cukup antusias menyambut bersama masyarakat dengan tarian adat di GOR Waringin.

 

 

Catatan Prestasi PON XIX di Bandung Jawa Barat

Terlepas dari berbagai sorotan dan kekuarangan Papua dalam menghadapi tantangan PON XX 2020, sesungguhnya Target Pemerintah dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat 2016 tercapai.
Kontingen Papua dipastikan ada di peringkat delapan PON XIX 2016, setelah meraih medali 17 medali emas,  19 medali perak, dan 32 medali perunggu.
Wakil Ketua KONI  Papua Jhony Banua Rouw menegaskan kontingen Papua bisa kembali bumi Cenderawasih dengan kepala tegak.  “Kita kembali ke Papua dengan kepala tegak,” katanya.
Jhoni mengatakan, raihan para atlet sudah meningkat melihat hasil jumlah medali, bila dibandingkan dengan PON Riau 2016 lalu. Namun ia tidak menampik beberapa prediksi target yang meleset sehingga tak mampu masuk posisi lima besar.

Baca Juga :  KPU Diminta Sosialisasikan PSU Kabupaten Jayapura

 

“Secara target disebutnya Papua juga mencapai target masuk sepuluh besar yang dipatok sejak awal,” ucapnya.
Meski demikian, pihaknya tetap mengapresiasi perjuangan semua atlet, pelatih, oficial dan semua pihak yang terlibat. Medali yang diraih merupakan buah kerja keras.
Jumlah medali emas Papua disumbangkan masing-masing dari cabor Dansa 2 emas, Dayung 4 emas, Berkuda 1 emas, Sepatu Roda 1 emas, Selam  3 emas, Biliar 2 emas, Atletik 1 emas, Tarung Derajat 1 emas, Binaraga 1 emas, Karate 1 emas dan cabor Terbang Layang 1 emas.  (Eveerth Joumilena)

Related Articles