Yanni Maju Jayapura Untuk Menang dan Membangun

Category: Lintas Papua 32 0
yanni-zadrak-kandidat
Pasangan Calon Bupati Jayapura dan Calon Wakil Bupati Jayapura, Yanni, SH dan Zadrak Afasedanya, SP, mendapatkan dukungan penuh masyarakat untuk memimpin Bumi Kenambay Umbay Lima Tahun Kedepan (Foto Istimewa)

JAYAPURA (LP) – “Saya maju bukan untuk kalah. Saya maju untuk menang. Apalagi banyak pengorbanan untuk saya maju, antara lain melepas jabatan di DPR Papua dan kursi DPR Papua itu sendiri, sebabnya saya siap membangun Jayapura,” ujar Yanni, di Jayapura, Sabtu (1/10).

 

 

Yanni menegaskan, apabila terpilih akan membuat program kerja untuk mengunjungi semua daerah di Kabupaten Jayapura, yang selama ini tak banyak di kunjungi oleh Bupati sebelumnya.

 

“Disamping itu, saya akan buka ruang untuk berdikusi melalui coffee morning dengan masyarakat, ondoafi, tokoh-tokoh lainnya, sekali sebulan di kantor Bupati, agar apa yang tidak diketahui pemerintah, bisa diketahui melalui suara-suara masyarakat,” katanya.

 

Nama Yanni menjadi satu-satunya perempuan yang menjadi bakal calon kepala daerah di 11 kabupaten/kota Provinsi Papua, pada Pilkada 15 Februari 2017 mendatang.

 

Namun, di posisi bakal calon Wakil Bupati ada satu orang, yaitu Robeka Enembe yang dipinang oleh Amos Yikwa, untuk memimpin Tolikara.

yanni-zadrak

Yanny yang maju di Kabupaten Jayapura dengan wakilnya Zadrak Afasedanya, tak merasa perbedaan gender akan membuatnya lemah dalam perebutan kursi nomor satu di daerah Kabupaten Jayapura.

Baca Juga :  Sertijab Danrem 173/PVB Sebagai Pembinaan Personel

 

Adanya isu-isu mengenai hak kesulungan orang Papua yang diambilnya ? Yanni menepisnya, dengan menegaskan bahwa hak kesulungan hanya berlaku pada adat bukan di kanca politik.

 

“Saya bisa memahami emosional orang-orang yang tak menginginkan saya maju. Tapi, saya memiliki tanggung jawab sebagai anak bangsa, untuk mengabdikan diri saya kepada bangsa ini, masyarakat khususnya di Kabupaten Jayapura, yang merupakan dapil pemilihan saya tiga periode untuk duduk di kursi DPR,” ungkapnya.

 

Dengan menyadari rendahnya kesejahteraan masyarakat, khususnya dibidang pendidikan, kesehatan dan peningkatan perekonomian, membuatnya terpanggil untuk merubah aspirasi masyarakat yang selama ini di dengungkan saat memimpin DPR Papua.

 

“Tentu melawan petahana tidak mudah, sehingga saya pun memutuskan untuk maju tidak segampang itu. Bahkan dari hasil survey, malah orang yang non Papua menentang kehadiran saya. Malah orang asli Kabupaten Jayapura yang menyambut saya dengan baik,” ucapnya.

 

Yanni menambahkan, apabila masyarakat memberikan mandate untuk memimpin Kabupaten Jayapura, akan mengelola Otsus dengan baik dan merata hanya untuk masyarakat.

Baca Juga :  Forkorus Ajak Masyarakat Hormati Kemerdekaan Indonesia

yanni-maju

“100 hari kerja, saya akan cari regulasi mengenai kesehateraan masyarakat melalui UU Otsus. Lalu saya akan jadikan Kabupaten Jayapura menjadi daerah pilot proyek bagi daerah lain, bahwa dengan uang yang ada, pemerintah bisa membangun,” tegasnya.

 

 

Terakhir Yanni ingin, membangkitkan para gender untuk maju ke kanca politik dan mengambil alih pemerintahan, dengan tujuan menyangi masyarakat seperti seorang ibu.

 

 

“Banyak perempuan memiliki kemampuan, hanya waktu dan kesempatan yang belum mereka miliki. Maka dari itu, saya ingin mengeksprsikan diri, untuk menjadi panutan bagi perempuan, bahwa perempuan juga bisa,” katanya.  (***)

Related Articles