Putra Papua, Anthonius Ayorbaba Pimpin Kadev Pas Kalteng

Anthonius Ayorbaba, bersama Isterinya, Pdt. Naomi Maloringan, S.Th., usai pelantikan (Foto Istimewa)
Anthonius Ayorbaba, bersama Isterinya, Pdt. Naomi Maloringan, S.Th., usai pelantikan (Foto Istimewa)

JAYAPURA (LP)  –  Sebuah kebanggaan dan kepercayaan kembali diberikan negara melalui Kementerian  Hukum dan HAM, dengan melantik Anthonius Matius Ayorbaba, SH, M.Si., menjadi Kepala Devisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Hukum dan Hak Azasi Manusia, Provinsi Kalimantan Tengah, pada Kamis (29/9).

Hal ini dibenarkan Anthonius M. Ayorbaba, saat dikonfirmasi LintasPapua.com, sekaligus menjelaskan, bahwa dirinya dilantik oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Yasona Laoli, pada Kamis 29 September 2016.

“Saya ditunjuk oleh negara dan dipercayakan oleh negara melalui Kementrian Hukum dan HAM RI tuk menjadi Kepala Devisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Hukum dan Hak Azasi Manusia, Provinsi Kalimantan Tengah,”  ujar Anthonis Ayorbaba, saat dikonfirmasi, Jumat (30/9).

Djelaskan, bahwa apa yang dialami adalah bukan hal baru, akan tetapi merupakan sebuah kepercayaan yang sama juga pernah dijalani saat berada di Sulawesi Utara sebagai kepala Divisi Pemasyarakatan Sulawesi Utara.

 

Kilas Balik

Sebelumnya, Mantan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Abepura  ini dipromosikan dari Kepala Bidang Registrasi Perawatan Bina Kusus Narkotika pada Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Papua Barat menjadi Kepala Divisi Pemasyarakatan di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI Papua Barat.

Selanjutnya, pada tahun 2012, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia melalui surat keputusannya Nomor: M.HH-38.KP.03.03 Tahun 2012 tentang Pengangkatan dan Pemindahan Pegawai Negeri Sipil dalam dan dari jabatan struktural eselon II di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia menempatkan dan mempromosikan 71 pejabat esalon di seluruh Indonesia.

 

Dari 71 satu pejabat eselon di lingkungan Kemenkumham RI itu, salah satunya adalah saudara Anthonius Matius Ayorbaba, SH, M.Si yang merupakan pejabat eselon II termuda di Indonesia.

 

Pria kelahiran 15 Mei 1971  ini, mendapat jabatan baru eselon II sebagai Kepala Divisi Pemasyarakatan pada Kanwil Departemen Hukum dan HAM Provinsi Papua Barat. Ayorbaba dari rencana semula dilantik tanggal 18 Desember 2012, dimundurkan pada tanggal 10 Januari 2013 mendatang.

 

“Pelantikan tanggal 10 Januari 2013. (harusnya pelantikan) tanggal 18 Desember tapi karena pergeseran SK  baru ini kepala divisi pemasyarakatan Papua menjadi kepala Divisi Pemasyarakatan Sulawesi Utara, sementara kepala Divisi Pemasyarakatan Sulawesi Utara dipindahkan ke Provinsi Banten dan Kepala Divisi Provinsi Banten menjadi Direktur. Prosesnya terhambat di Direktur yang baru terjadi di bulan Februari, sehingga rencana pelantikan diundurkan ke bulan Januari,” ungkap Ayorbaba, kala itu, Sabtu, (22/12) di Jayapura.

Dia mengakui untuk kepala Divisi di seluruh Indonesia dia adalah yang paling termuda karena kelahiran 1971.

Segudang prestasi dikerjakan baik hingga terus negara memberikan kepercayaan dan tentunya memberikan kebanggaan kepada masyarakat Papua.

 

Bersama Pejabat Lainnya yang dilantik Menteri Hukum dan HAM di Jakarta (Foto Istimewa)
Bersama Pejabat Lainnya yang dilantik Menteri Hukum dan HAM di Jakarta (Foto Istimewa)

Sementara itu, Ketua DPD Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI_ Provinsi Papua, Jhoni Naa mengatakan, sangat memberikan apresiasi kepada negara atas kepercayaan kepada Anthonius  M. Ayorbaba.

“Sebagai rekan anggota di GAMKI Papua,  saya merasa kepercayaan tersebut harus disambut dengan ucapan terimakasih kepada Menteri Hukum dan HAM RI, yang telah memberikan ruang dan kepercayaan kepada anak-anak Papua untuk mengemban tugas kenegaraan diluar Papua,” katanya

“GAMKI Papua menyampaikan, salam hormat dan terimakasih atas kepercayaan kepada orang muda Papua, yakni kepada Anthonius Matius Ayorbaba, SH, M.Si.,  yang juga mantan Ketua DPD GAMKI Provinsi Papua untuk menduduki Jabatan Eselon II-A di Kalimantan Tengah itu,” tuturnya. (Eveerth Joumilena)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...