Menhub Akan Laporkan Kondisi Bandara di Papua ke Jokowi

Category: Lintas Papua 17 0
Menteri Perhubungan Saat Bincang Dengan Penumpang di Bandara Wamena (LintasPapua.com/Eveeerth Joumilena)
Menteri Perhubungan Saat Bincang Dengan Penumpang di Bandara Wamena (LintasPapua.com/Eveeerth Joumilena)

WAMENA (LP)  -Semua laporan perjalan Menteri Perhubungan yang berkaitan dengan Tol Udara dan Tol Laut, terlebih sekitar 4 bandara di Papua yang telah dikunjungi Menteri Perhubungan akan dilaporkan kepada Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Sebagaimana, menindaklanjuti Peningkatan kualitas bandara sebagai alur masuk transportasi di Wilayah Pegunungan Tengah Papua, membuat  Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan ke sejumlah infrastruktur pendukung konektivitas di wilayah Provinsi Papua, dalam sehari mengunjungi empat bandara, Kamis (22/9)

Menteri Perhubungan,  Budi Karya Sumadi mengatakan, setelah melakukan berbagai kunjungan hingga Bandara Wamena yang terakhir semua jelas terlihat bahwa bandara di wilayah pegunungan baik dan daya tahan kuat, karena bisa dilandasi.

“Namun setelah mengunjungi Ilaga (Puncak), Timika (Mimika), Dekai (Yahukimo) dan Bandara Wamena (Jayawijaya), semua saling mengkait dalam upaya meningkatkan kulitas bandara,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, saat diwawancara di Bandara Wamena, Kamis (22/9).

Dikatakan, dari semua perjalanan ini akan dilaporkan kepada Presiden, terkait perluasan bandara dan semua hal yang berkaitan.

Baca Juga :  Polres Jayawijaya gelar Sertijab Waka dan Kasat Sabhara

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi melakukan rangkaian kunjungan ke Papua Kamis (22/9). Tahun ini Kementerian Perhubungan (Kemhub) telah mencanangkan tol udara yang akan menekan biaya logistik di wilayah pegunungan di Papua.

Untuk itu, pihaknya sedang mengkaji subsidi khusus untuk wilayah Papua, sehingga dimungkinkan adanya tambahan pesawat terbang ke Ilaga dan daerah-daerah terpencil lainnya.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, saat diwawancara di Bandara Wamena (LintasPapua.com/Eveerth Joumilena)
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, saat diwawancara di Bandara Wamena (LintasPapua.com/Eveerth Joumilena)

“Prinsipnya pemerintah akan men-support konektivitas dan menekan mahalnya biaya logistik di papua,” kata Budi yang didampingi Dirjen Perhubungan Udara, Suprasetyo saat berada Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Menhub tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika dan sempat melakukan peninjauan di bandara tersebut, kemudian bertolak menuju Ilaga di Kabupaten Puncak. Di Ilaga, menhub disambut tarian dan prosesi adat yang dipimpin Bupati Puncak, Willem Wandik. Warga puncak tampak antusias menyampaikan berbagai usulan dan aspirasi mereka.

Di Bandara Wamena setelah dari Bandara Dekai Yahukimo, Menteri Perhubungan di sambut dengan Sekda Jayawijaya serta semua pimpinan daerah Kabupaten Jayawijaya.

Hanya berada diruang tunggu dan berbicara dengan calon – calon  penumpang, sekitar  satu jam selama berada di Bandara lalu berangkat menuju Bandara Sentani Kabupaten Jayapura. (Eveerth)

Related Articles