Calon Kepala Daerah Nduga Diajak Pemilukada Damai

Category: Lintas Papua 11 0
Spanduk Kandidat Calon Bupati Nduga, Samuel Tabuni - Obed Gwijangge di Kenyam, Nduga (LintasPapua.com/Eveerth)
Spanduk Kandidat Calon Bupati Nduga, Samuel Tabuni – Obed Gwijangge di Kenyam, Nduga (LintasPapua.com/Eveerth)

JAYAPURA (HPP)  – Ketua  Gereja se-Kabupaten Nduga, Pdt. Nataniel Tabuni mengajak,  kepada calon – calon Bupati agar dapat menjadikan pesta demokrasi dalam damai dan tidak saling menjelekan.

 

 

Hal ini disampaikan menyikapi berbagai calon – calon Kepala Daerah yang akan bertarung dalam Pemilukada Kabupaten Nduga, yakni pada Pilkada Serentak 15 Februari 2017.

 

“Siapapun yang maju sebagai calon Bupati saya mendoakan dan mengajak semua tetap menjaga kedamaian,” ujar Ketua  Gereja se-Kabupaten Nduga, Pdt. Nataniel Tabuni, kepada LintasPapua.com,  Kamis (15/9).

 

Disampaikan , bahwa  selama ini masyarakat Nduga sering dilanda penyakit, dan terjadi perang suku yang menyebabkan banyak umat meninggal dengan sia-sia, dan belum ada penanganan serius dari pemerintah, sehingga bagi calon – calon yang maju saya akan mendoakan biar yang terpilih adalah yang terbaik dari Tuhan.

 

“Saya sebagai hamba Tuhan sangat sedih ketika ada umat yang meninggal, karena perang dan penyakit yang menyerang, sehingga dengan majunya calon – calon yang potensial dan energik muda, maka besar harapan kami untuk menyelesaikan persoalan yang selama ini terjadi. Kami tidak ingin lagi ada konflik di Kabupaten Nduga, tapi kami mau  daerah ini menjadi aman, sehingga ada pembangunan, ” ungkapnya.

Baca Juga :  Kabupaten dan Kota Diminta Maksimalkan 80 Persen Dana Otsus Papua

Sementara itu, Dalam Deklarasi dan Doa Bersama  Pasangan Samuel Tabuni- Obed Gwijangge didukung oleh 3 partai, yakni Nasdem, Hanura, dan PDI Perjuangan. Diikuti berbagai tarian adat dari masyarakat dengan acara syukuran bakar batu, selanjutnya  pasangan ini akan mendaftar ke KPU pada tanggal 21 September 2016.

Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Kabupaten Nduga, Jhony Beon (LintasPapua.comm/Eveerth)
Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Kabupaten Nduga, Jhony Beon (LintasPapua.comm/Eveerth)

Sementara itu, Sementara itu, mewakili masyarakat adat, maka Ketua Lembaga Masyarakat Adat Nduga, John Peon, menyampaikan bahwa, pada dasarnya Kabupaten Nduga merupakan daerah yang aman dan memiliki geografis yang mendukung pembangunan untuk lebih maju dari daerah lain di wilayah pegunungan tengah.

“Akan tetapi, karena kepala daerah yang tidak mengakomodir semua kepentingan dan tidak membangun mitra kerja yang baik dengan adat, gereja, dan semua stekholder maka pembangunan di Kabupaten Nduga tidak berjalan,” nilainya.

Ditambahkan, bahwa  seluruh masyarakat tau bahwa saat ini Kabupaten Nduga dalam masalah besar, sehingga perlu ada figur terbaik yang mampu membangun kembali daerah ini lebih baik.

“Sehingga,  mewakili adat di 32 distrik yang ada di Kabupaten Nduga maka saya menyatakan dukungan penuh kepada pasangan Samuel-Obed untuk maju dalam Pilkada 2017, dan kami yakin pasangan ini akan memenangkan Pilkada, ” tegasnya.

Baca Juga :  Bank Papua Siap Promosikan Kartu Asmat Pintar

Untuk Pemilukada Nduga beberapa isu pencalonan yang bakal muncul selain pasangan diatas, ada Yairus Gwijangge dan Diaz Gwijangge serta calon lainnya. (Eveerth)

Related Articles