Rugby Resmi Akan Dimainkan di PON XX 2020 Papua

Category: Lintas Papua 21 0
Tim Putra Putri Rugby Papua, usia menjuarai eksebisi Rugby PON XIX Bandung Jawa Barat (Foto Hendrik Wakum)
Tim Putra Putri Rugby Papua, usai menjuarai eksebisi Rugby PON XIX Bandung Jawa Barat (Foto Hendrik Wakum)

BANDUNG (LP)  –  Ketua Bidang Pembinaan Organisasi KONI Pusat, Mayjen (Purn) TNI Nanang Juana Priadi mengatakan, Cabang Rugby akan dipertandingkan secara resmi pada PON XX  tahun 2020 di Provinsi Papua.

 

“Sehingga, PB PRUI dapat mendirikan lebih banyak lagi Pengprov PRUI di sejumlah provinsi di Indonesia, sehingga olahraga rugby lebih berkembang lagi di kemudian hari,” ujar upacara pembukaan pertandingan eksebisi Rugby PON XIX di lapangan Pusdikjas Cimahi, Sabtu (10/9).

Sebelumnya, dilaporkan  Sebanyak 165 atlet dari tujuh provinsi ambil bagian dalam laga eksibisi Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 yang digelar di Lapangan PUSDIKJAS KODIKLAT TNI-AD Jl. Pasir Kumeli, Baros Cimahi, Sabtu (10/9/2016).

 

Pada bagian putra, tujuh provinsi yang ikut pada eksbisi kali ini adalah Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, DI Yogyakarta, Kalimantan Timur, Bali dan Papua.

Sementara bagian putri diikuti Jawa Barat, DKI Jakarta, DI Yogyakarta dan Papua. Total 23 pertandingan digelar dalam satu haru penuh pada hari ini.  Tim Putra Rugby Papua  dan Tim Putri Rugby Papua keluar sebagai juara umum.

Baca Juga :  Sastra Lisan Papua Dinilai Makin Terpinggirkan

 

Ketua Umum Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) Jawa Barat, Ardiansyah menuturkan, gelaran eksibisi ini akan menjadi contoh untuk pertandingan rugby tingkat Nasional mengingat peserta pertandingan yang berasal dari 4 pulau berbeda cukup mewakili keberagaman Indonesia.

Tampilnya rugby di ajang eksibisi PON XIX/2016 menjadi langkah besar dalam pengembangan olahraga rugby di Indonesia, karena dengan ini rugby mendapatkan kesempatan untuk menunjukan eksistensinya dalam berprestasi ditingkat nasional.

“Masing-masing provinsi sudah melakukan pelatihan terpusat di daerah sejak satu hingga dua bulan yang lalu. Pertandingan ini juga akan menjadi ajang seleksi untuk pemilihan Tim Nasional Rugby Indonesia yang akan bertanding di Sea Games 2017 di Malaysia dan Asian Games 2018 dimana Indonesia menjadi tuan rumah,” ungkap Ardiansyah, yang dikutip dari situs resmi PON.

Disampaikan,  meski baru mendapat keanggotaan di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pada tahun 2013, PRUI sebelumnya telah menjadi anggota organisasi Rugby Asia (Asia Rugby) sejak 2005. PRUI kemudian mendapatkan status keanggotaan penuh di World Rugby atau Dewan Rugby Internasional pada  20 November 2013.

Baca Juga :  SMU YPPK Teruna Bakti Deklarasi “Suka Pake Noken”

Menanggapi hal ini , Ketua PRUI Papua, Yansen Tinal menuturkan Pengprov PRUI Papua kedepan akan memperbanyak kegiatan turnamen untuk menambah jam terbang atletnya.

“Disamping mendirikan Pengcab PRUI di sejumlah kabupaten di Papua, untuk lebih memasyarakatkan lagi olahraga rugby di Papua, demikian menghadapi PON 2020 Tim Rugby Papua telah siap,” kata Yansen Tinal, saat dikonfirmasi LintasPapua.com,  Sabtu (10/9). (Eveerth Joumilena)

Related Articles