Inilah Kronologis Pesawat Tergelincir di Wamena

kondisi-pesawat
Kondisi Pesawat Trigana Dengan Posisi Miring Keluar Landasan (LintasPapua.com /Eveerth Joumilena)

WAMENA (LP)  – Hari ini, Selasa, 13 September 2016 Pukul 07.30 wit bertempat di Run Way 33 Bandar Udara Wamena Jln. Gatot Subroto Distrik Wamena Kabupaten Jayawijaya telah terjadi insiden tergelincirnya pesawat Cargo Trigana Air Service PK-YSY.

 

Pesawat yang dibawa Kapten Pilot,  Jatmiko (Kapten Pilot), Joshua (Co Pilot) dan Iwan (FOO) yang disebabkan gagal landing. Dengan muatan barang yang dibawah sekitar -+ 14.913 Ton yang berupa BBM, dan kecepatan angin -+ 20 knot.

Adapun Kronologis kejadian adalah sekitar Pukul 07.05 wit pesawat Cargo Trigana Air Service PK-YSY Take Off dari Bandara Sentani menuju Bandara Wamena.

Pukul 07.30 wit Pesawat Cargo Trigana Air Sevice PK-YSY Landing di Bandara Wamena, namun pada saat landing di Runway 15, pesawat Trigana Air Service mengalami gagal landing yang mengakibatkan pesawat mengeluarkan percikan api di bagian roda belakang pesawat sebelah kiri, sehingga pesawat tergelincir hingga di runway 33 kurang lebih 2 Kilo

Pukul 07.37 wit Pilot beserta 2 orang yang berada di dalam pesawat keluar dari pesawat dengan cepat, yang mana pesawat mengeluarkan percikan api.

Pukul 07.38 wit petugas pemadam kebakaran dan petugas keamanan bandar udara wamena yang melihat pesawat gagal landing segera menuju runway 33 dan melakukan tindakan menyiram air di pesawat.

Pukul 08.01 Petugas Grondhenling Trigana Air Service mengeluarkan isi muatan berupa bbm dengan menggunakan Forklif.

Pukul 08.30 wit barang muatan Bahan Bakar Minyak (BBM)  yang dibawah oleh pesawat Trigana Air Service telah di turunkan di tempat yang aman.

Kondisi Pesawat Trigana Dengan Posisi Miring Keluar Landasan (LintasPapua.com /Eveerth Joumilena)
Kondisi Pesawat Trigana Dengan Posisi Miring Keluar Landasan

Pukul 09.00 wit pihak Polres Jayawijaya dan keamanan Bandar Udara Wamena menjaga pesawat Trigana Air Service PK-YSY yang berada di TKP atau di Runway 33.

Adapun kerugian sebagaio berikut, adalah secara materi pesawat Trigana Air Service Pk-YSY mengalami kerusakan berat dibagian mesin engine sebelah kiri, ban sebelah kiri pecah dan patah di runway 15, penutup Engine lepas di runway 15.

Dari informasi yang diterima, untuk evakuasi pesawat Trigana Air Service PK-YSY menunggu kedatangan Tim KNKT. – penerbangan di bandar udara Wamena sementara di tutup di karenakan pesawat Trigana Air Service masih berada di pinggir runway 33 bandar udara Wamena.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Kombes Pol. Patrige Renwarin, menegaskan ,  bahwa tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini, namun  landasan pacu berlubang, akibat gesekan badan pesawat.

Sementara itu, terlihat dari kejadian ini hingga kini sejumlah aparat berjaga 0 kaga di bandara dan sejumlah personil terlihat mengawal badan pesawat, dari sejumlah penerbangan jenis twin otter ke pedalaman dan beberapa kabupaten juga terganggu dan tidak bisa melanjutkan perjalanan dengan pesawat – pesawat kecil.

“Kami hanya bisa menunggu saja hingga penerbangan baik, sebab kami akan gunakan pesawat kecil ke Kabupaten Nduga, namun belum juga, padahal seharusnya sejak pahgi jam 08.00 WIT sudah harus berangkat, sebabnya semoga semua kendala ini bisa cepat diselesaikan dan penerbangan kembali normal,: harap Eke Gwijangge, Salah Seorang Penumpang tujuan Kenyam, Nduga.

Hingga kini beberapa warga penumpang masih terlihat di Bandara Wamena dan Bandara Trigana di Bandara Wamena. (Eveerth  Joumilena)

 

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...