LMA Ajak Masyarakat Nduga Sukseskan Pilkada 2017

Category: Lintas Papua 18 0
Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Kabupaten Nduga, Jhony Beon (LintasPapua.comm/Eveerth)
Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Kabupaten Nduga, Jhony Beon (LintasPapua.comm/Eveerth)

WAMENA (LP)  –   Ketua Lembaga Masyarakkat  Adat (LMA) Kabupaten Nduga, Jhony Beon mengajak masyarakat Kabupaaten Nduga untuk ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi 2017, sehingga dapat memilih pemimpin daerah yang terbaik lima tahun kedepan.

“Sejak awal pemerintahan bupati defenitif, sering terjadi konflik yang disebabkan oleh politik. Dan ini terus terjadi tanpa ada penyelesaian. Ia menilai hal ini merupakan sebuah kesalahan yang harus dirubah,” ujar Jhonny Beon, kepada LintasPapua.com, di Wamena, Minggu (11/9).

Dirinya menilai, seharus pemerintah hadir bukan untuk menciptakan konflik. Sebab, secara adat, pemimpin itu adalah payung atau pelindung, yang akan melindungi seluruh warganya.

“Karena, pada saat mengambil keputusan dengan tegas, maka masyarakat juga akan hidup baik dan damai,”  tuturnya.

Dikatakan, hingga kini belum ada pemimpin yang bertindak membangun masyarakat Nduga, sehingga kita membutuhkan sebuah perubahan.

“Nduga butuh pemimpin yang baru, yang dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat.,” katanya.

Ditambahkan, bahwa pihaknya melihat hari ini Nduga dalam keadaan terancam, sehingga butuh pemimpin yang mampu menyelamatkan kondisi itu.

Baca Juga :  BTM Mengutuk Aksi kekerasan, Ajak Umat Tuhan Berdoa dan Tidak Main Hakim Sendiri

“LMA juga harus benar-benar teliti dalam menentukan pilihan, jangan sampai jatuh di lubang yang sama, ” tambah Jhoni.

Terkait Pencalonan Bupati, beberapa nama yang kini muncul, antara lain Yairus Gwijangge (Bupati Sekarang), Samuel Tabuni (Ketua Partai Nasdem Nduga), Diaz Gwijangge (Mantan Anggota DPR – RI) dan beberpa nama lainya, namun kini Samuel Tabuni dengan dukungan tiga partaai politik telah siap untuk deklarasi.

Kabupaten Nduga, dilihat dari ketinggian pesawat (LintasPapua.com /Eveerth Joumilena)
Kabupaten Nduga, dilihat dari ketinggian pesawat (LintasPapua.com /Eveerth Joumilena)

Calon Bupati Nduga, Samuel Tabuni, yang ditemui secara terpisah menuturkan, bahwa dirinya telah siap dengan  program wajib belajar bagi masyarakat Nduga agar masyarakat dapat mengejar ketertinggalan di bidang pendidikan.

“Bagaimanapun pendidikan adalah barometer bagi generasi muda di Nduga untuk dapat mengisih segala sektor pembangunan di Kabupaten Nduga kedepan.baik dalam infrastruktur maupun Sumber Daya Manusianya,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan, di bidang kesehatan Samuel Tabuni menjelaskan kesehatan amat penting  bagaimanapun dengan program sehat bagi ibu-ibu hamil di Nduga dapat terjamin pelayanan mulai dari pemeriksaan ibu hamil sampai pasca ibu melahirkan.

Baca Juga :  Wakil Wali Kota Serahkan Penghargaan Terkait Public Service Excelence 2017

“Adapun yang menjadi Program Unggulan pasangan kami ini adalah ” Orang Nduga Harus Cerdas , Semua Harus Bersekolah , Semua Harus Bisa Membaca , Tetapi Orang Nduga Juga Harus Sehat , Tidak Ada Lagi Yang Meninggal Karna Kekurangan Obat atau Pun Kekurangan Tenaga Medis,” tutur Samuel Tabuni, yang akan berpasangan dengan obed Gwijangge. (Eveerth Joumilena)

Related Articles