Australia Giat Bantu Papua di Bidang Penkes

Pejabat Kedutaan Besar Australia, Fleur Davies , saat foto bersama pelajar dan guru SD Kampung Harapan, Kamis (8/9/2016) (LintasPapua.com/Eveerth Joumilena)
Pejabat Kedutaan Besar Australia, Fleur Davies , saat foto bersama pelajar dan guru SD Kampung Harapan, Kamis (8/9/2016) (LintasPapua.com/Eveerth Joumilena)

JAYAPURA (LP) –  Australia giat dalam membantu dan bekerja sama dengan Papua, terutama dalam bidang kesehatan dan pendidikan, sebagaimana Pejabat Kedutaan Besar Australia, Fleur Davies selaku Minister Counsellor, Governance  dan  Human Development meninjau perkembangan implementasi program-program Pemerintahan Australia di  Papua, Kamis (8/9)

 

Pada kesempatan ini, Fleur Davies bertemu langsung dengan pemerintah daerah dan penerima  manfaat program LANDASAN II di wilayah Sentani Timur.

 

Program LANDASAN II (Program Perbaikan Pelayanan Pendidikan dan Kesehatan) merupakan program  lanjutan dari LANDASAN I yang didanai oleh Pemerintah Australia. Program ini mendukung peningkatan  layanan pendidikan dan kesehatan di enam kabupaten di wilayah Papua dan Papua Barat, yaitu Kabupaten  Jayapura, Merauke, Supiori di Papua, Kabupaten Manokwari, Fakfak dan Kaimana di Papua Barat.

 

Pada  kunjungannya ini, Fleur Davies disambut langsung oleh Kepala Kampung Nolokla, Octovianus Puhiri serta  perwakilan aparatur daerah setempat untuk mendiskusikan capaian program LANDASAN I dan kelanjutan  program LANDASAN II dalam mendukung pelayanan dasar di kampung tesebut.

14256466_1747194095503168_680300582_n

Adapun kegiatan yang  dijalankan adalah penguatan kapasitas pemerintah dan masyarakat kampung dalam perencanaan dan  penganggaran serta pemantauan dan pelaporan kegiatan pembangunan di kampung, termasuk pelayanan  kesehatan dan pendidikan di 85 kampung di Papua dan Papua Barat.

 

“Saya senang bahwa KOMPAK tidak  hanya mendukung kinerja pemerintah pusat tapi juga pemerintah di daerah dalam pelaksanaan kegiatan   penguatan kapasitas aparatur pemerintah dan juga membantu unit-unit pelayanan dasar,” ucapnya.

 

Dirinya berharap, upaya ini bisa membantu meningkatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan serta mendukung aparatur  desa dalam mengimplementasikan Undang-Undang Desa,” ucap Fleur Davies.

 

Rangkaian kunjungan dilanjutkan ke Puskesmas Harapan yang melayani tujuh desa di Kecamatan Sentani  Timur.

14249319_1747194532169791_1664756272_n

Kepala Puskesmas Harapan, Adi Kurniawan bersama staf puskesmas menyambut langsung Fleur  Davies dan mendiskusikan dukungan KOMPAK melalui LANDASAN II yang akan berfokus pada proses

akreditasi puskesmas, sistem insensif berbasis kinerja dan inovasi dalam pelayanan kesehatan.

Kunjungan  dilanjutkan ke SD Inpres Harapan di mana LANDASAN II akan mendukung perbaikan pelayanan pendidikan

melalui penguatan kapasitas pengajar dan pengelola di sekolah tersebut.

 

Selain itu, LANDASAN II juga akan  mendorong masyarakat untuk lebih berpar2sipasi untuk pelayanan pendidikan di kampungnya.

Setelah mengunjungi langsung ke lokasi pelaksanaan LANDASAN II, Fleur Davies mengadakan pertemuan  dengan perwakilan BAPPEDA Papua guna mendiskusikan Program Gerbangmas Hasrat Papua (Gerakan  Bangkit Mandiri dan Sejahtera Harapan Seluruh Rakyat Papua).

Foto bersama dengan warga masyarakkat Kampung Nolokla usai pertemuan, Kamis (8/9/2016)
Foto bersama dengan warga masyarakkat Kampung Nolokla usai pertemuan, Kamis (8/9/2016)

Program Gerbangmas merupakan program  unggulan Pemerintah Papua yang bertujuan meningkatkan pelayanan dasar dan pembangunan ekonomi  daerah.

 

Selain itu, KOMPAK mendukung proses kaji cepat tengah pelaksanaan program dan memberikan  rekomendasi untuk perbaikan pelaksanaan Gerbangmas. (Eveerth)

 

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...