111 Putra Asli Papua Dominasi Pelantikan Tamtama TNI/ AD

Category: Lintas Papua 46 0
Suasana Prajurit Tamtama TNI-AD saat dilantik oleh Pangdam XVIICenderawasih, Mayjend TNI Hinsa Siburian. (LintasPapua.com)
Suasana Prajurit Tamtama TNI-AD saat dilantik oleh Pangdam XVIICenderawasih, Mayjend TNI Hinsa Siburian. (LintasPapua.com)

JAYAPURA (LP)   – Sebanyak 188 orang dilantik menjadi prajurit Tamtama TNI-AD oleh Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjend TNI Hinsa Siburian pada acara Penutupan Pendidikan Pertama Tamtama TNI Angkatan Darat Gelombang I Tahap I TA. 2016, Rabu  (7/9/2016)

 

 

Kegiatan yang berlansung  di lapangan Pancasila, Rindam XVII/Cenderawasih. Dari 188 orang yang dilantik, 111 orang lebih merupakan putra asli daerah Papua dan sisanya non Papua.

 

Ini merupakan kebijakkan dari TNI untuk memprioritaskan dan memberdayakan putra asli Papua menjadi prajurit TNI.

Lulusan terbaik pada pelantikkan kali ini diraih oleh Prada Melkianus Swabra yang berasal dari daerah Biak.

Disamping mendapatkan pendidikan tentang keprajuritan, mantan siswa Secata ini juga dibekali dengan berbagai ilmu lainnya seperti Beladiri andalan TNI-AD.

 

Pangdam dalam amanatnya menyampaikan, ucapan selamat dan sukses kepada mantan prajurit siswa Tamtama atas keberhasilannya menyelesaikan pendidikan ini.

 

“Ucapan yang sama juga disampaikan kepada para orang tua dan keluarga prajurit yang baru dilantik,” ucapnya.

Baca Juga :  Anggota Pendam Cenderawasih Gelar Syukuran Bantu Anak Yatim

 

Dirinya berharap, ilmu dan keterampilan yang telah didapat di lembaga pendidikan XVII/Cenderawasih ini dapat dijadikan bekal untuk menempuh pendidikan lanjutan sesuai dengan kecabangan masing-masing.

 

Lebih lanjut Pangdam menyatakan, Pendidikan yang baru saja kalian selesaikan ini tujuannya adalah untuk membentuk prajurit siswa calon Tamtama untuk menjadi Tamtama TNI AD yang memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan golongan Tamtama.

 

Sedangkan kemampuan yang diharapkan dari keluaran pendidikan ini adalah dapat menghayati dan mengimplementasikan integritas kepribadian sebagai prajurit, pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan serta dapat menghayati dan mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan dasar golongan Tamtama.

“Saya berharap kalian jangan larut dan berpuas diri dengan apa yang telah kalian capai, tetapi jadikan keberhasilan hari ini sebagai modal dasar untuk melaksanakan pendidikan lanjutan,’ katanya.

 

Ditambahkan,  Siapkan fisik, mental dan bangkitkan motivasi yang sudah terpatri di dalam hati sanubari, dan jadikan hal tersebut sebagai landasan yang kuat untuk meraih prestasi setinggi mungkin, karena bangsa dan negara menaruh harapan yang besar kepada kalian untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini,” kata Jenderal Bintang Dua ini kepada peserta upacara.

Baca Juga :  Jeremiah Wambrauw dan Yomima Yaru, Wakil Papua Dikukuhkan Presiden Jokowi Sebagai Paskibraka 2017

Mengakhiri amanatnya Pangdam berharap, agar setelah selesai mengikuti pendidikan hendaknya setiap prajurit senantiasa membudayakan kegiatan belajar dan berlatih dan selalu berpegang teguh pada jati diri TNI, yaitu sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional. (***)

Related Articles