Yonif 407/PK Tatap Muka dengan Suku Yei di Batas RI-PNG

Ilustrasi TNI saat membantu Warga Papua. (LintasPapua.com)
Ilustrasi TNI saat membantu Warga Papua. (LintasPapua.com)

JAYAPURA  (LP) –  Satgas 407/PK bertatap muka dengan masyarakat adat suku Yei yang berada dititik nol indonesia, di Kabupaten Merauke Papua. Suku Yei adalah salah satu suku masyarakatnya tersebar daerah perebatasan RI-PNG. Rabu,(31/8).

Suku Yei yang terdiri dari 7 kampung, yakni Erambu, Toray, Poo, Kweel, Bupul, Tanas dan Baidu sudah terbentuk sejak 15 tahun yang lau, namun baru lima mengadakan pertemuan adat dengan Satgas Pamtas Yonif 407/PK. Pertemuan itu dilakukan di kampung Toray, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, dan dihadiri kurang lebih sekitar 500 orang perwakilan dari masyarakat adat suku Yei.

Kepala suku Yei, Godefridus Iganijay menyampaikan bahwa selama ini pihaknya menutup diri dan selalu dalam bayang-bayang suku lainnya.

“Akan tetapi kini  kami harus bisa menunjukan jati diri dan bangga menjadi orang Yei, juga menjujung tinggi perdamaian serta berperan dalam setiap kegiatan yang berkaitan dengan NKRI,“ ujar Goderfridus.

Dalam Pertemuan tersebut juga di petunjukan tarian, benda-benda pusaka dan makanan tradisional. Pertemuan ini juga bertujuan untuk untuk menjalin erat silahturami dan memberikan motivasi kepada generasi muda agar bersemangan dan tidak menyerah dalam menempuh pendidikan untuk menunjang kesuksesan serta mendiskusi apa yang menjadi kendala dalam kehidupan  suku Yei di daerah perbatasan RI-PNG.

Sementara itu, Letkol Inf Abi Kusniaanto selaku Komandan Satgas Pamtas Yonif 407/PK mengatakan bahwa tatap muka dengan masyarakat suku Yei moment yang sangat luar biasa karena untuk saling mendukung untuk memajukan masyarakat Yei yang berada di titik nol indonesia.

“Butuh pengorbanan dan semangan untuk berkumpul dan membangun suku Yei, dan masyarakat Yei juga juga harus bisa mengikuti perkembangan zaman dengan tidak melupakan tradisi leluhur serta menghilangkan prinsip-prinsip negatif sehingga masyarakat Yei yang jumlahnya tidak banyak ini bisa menjadi contoh yang baik bagi suku lain,” kata Abi.

Satgas Pamtas Yonif 407/PK berkomitmen untuk mendukung dan membantu masyarakat di perbatasan dan saling bahu membahu bersama masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat. (Elanda)

 

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...