Jumlah Penduduk Papua Capai 3.207.444 Jiwa

Category: Lintas Papua 66 0
Ilustrasi Anak - Anak Asli Papua Asal Kabupaten Puncak (LintasPapua.com/Eveerth Joumilena)
Ilustrasi Anak – Anak Asli Papua Asal Kabupaten Puncak (LintasPapua.com/Eveerth Joumilena)

JAYAPURA  (LP)  – Berdasarkan proyeksi penduduk tahun 2010-2020, penduduk Papua pada tahun 2016 diperkirakan berjumlah 3.207.444 jiwa terdiri dari laki-laki 1.689.971 jiwa. Sementara perempuan sebanyak 1.517.473 jiwa.
“Dari jumlah tersebut, sex rasio sebesar 111,37 persen. Jika, tingkat kebergantungan atau rasio yang menyatakan jumlah penduduk usia nonproduktif ditanggung oleh usia produktif, maka tingkat kebergantungan Papua sebesar 46,57 persen,” ujar Kepala Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Papua, Charles Brabar,  kepada media ini di Grand Abe Hotel Jayapura, Kamis (1/9).

 

Dikatakan, pada periode tersebut Papua akan mencapai bonus demografi untuk bisa menciptakan pertumbuhan ekonomi yang signifikan.

 

Dengan peningkatkan advokasi serta komunikasi, informasi dan edukasi, di amini dapat memberikan akses dan kualitas pelayanan yang merata sampai di pelosok desa dan kampung.

 

“Itu sebagai upaya mengatasi permasalahan pelayanan dan perlunya penguatan pembangunan keluarga. Pembinaan ketahanan dan kesejahteraan. Meningkatkan pemahaman dari fungsi keluarga di Papua,” ucapnya.

 

Disampaikan, data tersebut menunjukkan rata-rata angka harapan hidup di Papua tahun 2015 sebesar 65,09 tahun. Rata-rata lama sekolah 5,76 tahun.

Baca Juga :  Kesiapan Jelang Festival Budaya Lembah Baliem 2017

“Kondisi ini merupakan tantangan bagi kita bersama khususnya jajaran perwakilan BKKBN  di Provinsi Papua, SKPD-KB dan sektor terkait agar mampu menyakinkan para pemangku kepentingan dan pengambil kebijakan,” katanya.

 

Diakuinya, strategi yang harus di lakukan BKKBN  Papua yaitu melalui program pembangunan ekonomi dan kelembagaan kampung. Generasi emas Papua dengan tuntas wajar 9 tahun. Program 1.000 hari pertama kehidupan. (Eveerth Joumilena)

Related Articles