Pemkab Jayapura Pasang Internet Gratis di Kampung

Category: Lintas Papua 19 0
Pemuda Kampung Gemebs - Genyem Besar Distrik Nimboran sedang mengases Internet di Kampung Genyem Besar (LintasPapua.com)
Pemuda Kampung Gemebs – Genyem Besar Distrik Nimboran sedang mengases Internet di Kampung Genyem Besar (LintasPapua.com)

JAYAPURA (LP)  –  Badan Komunikasi dan Informasi (KOMINFO) – Perpustakaan dan Arsip Daerah (PAD) Kabupaten Jayapura Melakukan Pemasangan Internet Gratis Bekerjasama Dengan PT.Matra Mandiri Prima (MM) Jakarta di empat wilayah pembangunan di Kabupaten Jayapura.

“Saat ini Badan KOMINFO-PAD Kabupaten Jayapura, telah melakukan Pemasangan jaringan Internet Gratis Melalui VSAT , Pemasngan ini Terbagi di 5 Titik yaitu Di Kantor Badan KOMINFO Sebagi Center, Wilayah Pembangunan I, terpasang Kampung Asei Distrik Sentani Timur, Wilayah Pembangunan II, di Kampung Tablasupa Distrik Depapre, Wilayah Pembangunan III Distrik Nimboran,” ujar Kepala Badan KOMINFO-PAD Kabupaten Jayapura, Ir.H. Samiyana Sambodo, M.Si, saat dikonfirmasi, Senin  (29/8).

Samiyana Sambodo mengatakan, bahwa  tujuan dari pemasangan internet gratis ini dalam rangkan menyosong Festival Desa TIKA, yang akan berlangsung di Kabupaten Jayapura pada tanggal 28-30 September 2016.

“Yang mana  sebagai tuan rumah iven ini merupakan iven nasional yang akan melibatkan desa-desa seluruh Indonesia, relawan TIK dan agen –  agen perubahan informatika,” lanjutnya.

Baca Juga :  BKKBN Papua Gelar Pelatihan Program KKBPK

 

Ditambahkan, untuk Wilayah Pembangunan IV terpasang di kantor Distrik Yapsi,  sedangkan yang sudah terpasang baru tiga titik yaitu di kantor Kominfo, Kampung Tablasupa Distrik Depapre , Kampung Gemebs Distrik Nimboran,” kata Samiyana Sambodo.

Dikatakan, bahwa Pemasangan VSAT iternet ini adalah gratis, ini merupakan stimulan untuk kedepan nya kampung-kampung yang tertarik dapat mengarkan lewat dana ADK dan ADD untuk pembiayaan VSAT Internet dan Bandwist.

“Untuk distrik-distrik Tahun 2017, Melalui BADAN KOMINFO angkan pasang jaringan internet melalui VSAT internet ini juga dilengkapi dengan IP Pon,sehingga bisa kordinasi antara sesama distrik dan ke SKPD lain,” ucapnya.

Disampaikan, bahwa Aplikasi Yang ada di Kabupaten Jayapura bisa digunakan di distrik secara online dan offline, sehingga dapat mengintegrasikan SKPD dengan distrik – distrik lewat jaringan internet.

Sementara Itu,  Sales and Marketing Majer PT.Matra Mandiri Prima ( MMP ) Jakarta,  Muhamad Hamzah mengatakan, bahwa.infrakstur VSAT Internet milik mereka sudah ada di kabupaten jayapura sebanyak 200 VSAT.

“Perangkat ini juga bisa digunakan  di  kampung – kampung untuk mengakses internet , IP Phone dan aplikasi pelaporan keuangan, ini sangat bermanfat untuk Pemerintah Kabupaten Jayapura Untuk Memonitoring keuangan,” tandasnya.  (Dhoto)

Related Articles