Pergatsi Papua Habis Dilantik Lanjut Eksebisi PON JABAR

Category: Lintas Papua 11 0
Permainan Gateball saat di uji coba di lapangan halaman Balai Jalan dan Jembatan di Abepura, Sabtu (27/08/2016)
Permainan Gateball saat di uji coba di lapangan halaman Balai Jalan dan Jembatan di Abepura, Sabtu (27/08/2016)

JAYAPURA (LP)  – Pengurus provinsi Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Papua resmi dilantik dan dikukuhkan sebagai salah satu cabang olahraga di bawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua, selanjutnya akan mengikuti eksebisi PON XIX di Bandung, Jawa Barat.

“Saya ucapkan selamat kepada pengurus provinsi Pergatsi Papua dan pengurus ini adalah pengurus ke 17 ditingkat provinsi,” ujar Wakil Ketua Umum II Badan Pengurus Pergatsi Pusat, Danis Hidayat Sumadilaga, dalam sambutaannya di halaman Kantor Balai Jalan dan Jembatan di Abepura, Sabtu (27/8).

Dikatakan, atlit Gatball Papua ini akan mengisi satu pertandingan persiapan atau pertandingan persahabatan (Eksibisi) pada PON XIX 2016 di Bandung, Jawa Barat, namun ada tugas sehubungan dengan SK provinsi yaitu membentuk pengurus cabang.

“Kedepan, masih ada 4 pengurus provinsi lagi yang akan dilantik dan dikukuhkan antara lain Bengkulu, Kepulauan Riau, Jambi dan Lampung. Insyallah, kami akan laporkan total semuanya jadi 21 provinsi,” tuturnya.

 

Ditambahkan, Gatball Papua ini akan mengisi satu pertandingan persiapan atau pertandingan persahabatan (Eksibisi) pada PON XIX 2016 di Bandung, Jawa Barat, namun ada tugas sehubungan dengan SK provinsi yaitu membentuk pengurus cabang.

Baca Juga :  Pansel MRP Kota Jayapura Gelar Workshop Penguatan Calon Anggota

“Saya ingin titip pesan ke pengurus provinsi ini, bukan pengurus cabang yang paling penting, melainkan dilakukannya sosialisasi ke pemda, masyarakat, agar gateball ini menjadi milik masyarakat,” ujarnya.

Olahraga, menurut salah satu sarana untuk berkomunikasi, sosialisasi antar sesama dan masyarakat. Gateball ini dapat dipadukan kombinasi cewek dan cowok, serta memerlukan strategi yang sangat tinggi.

“Menurut penelitian, gatebal ini punya pemikiran strategi yang tinggi. Saya harap olahrga gateball di Papua semakin meluas dan ada prestasi,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pergatsi Provinsi Papua, Osman Hariyanto Marbun ucapkan terima kasih ke pengurus pusat Pergatsi yang telah menyeujui terselenggaranya pelantikan sekaligus pengukuhan pengurus Pergatsi provinsi Papua.

“Saya akan memulai persiapan pembentukan pengurus Pergatsi di sepuluh kabupaten kota se-Papua dalam waktu tidak terlalu lama. Sekaligus persiapan untuk mengahdapi PON 2020 yang akan diselenggarakan di Papua,” kata Marbun.

 

Sementara itu, Wakil Ketua KONI Papua, Jhon Banua Row mengatakan, sangat apresiasi dengan adanya olahraga gateball,sehingga Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua akan mensosialisasikan Olahraga Gateball atau bola gawang terbilang masih baru di Papua dengan membuat sebuah lapangan cabor tersebut.

Baca Juga :  Bupati Merauke Terganggu Dengan Sikap  LSM Mighty Earth

 

Dikatakan, bahwa olahraga Gateball dibawah naungan Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Papua ini masuk ke Papua pada tahun 2013, namun kepengurusannya baru saja dilantik serta dikukuhkan pada hari ini, Sabtu (27/8) oleh badan pengurus pusat Pergatsi.

 

“Saya pikir kami tetap akan mensupport olahraga Gateball ini dan saya yakin kalau olahraganya model seperti ini, pasti anak-anak di Papua senang sekali, karena olahraga ini murah meriah,” ujar Jhon yang juga anggota DPR Papua ini.

 

Prestasi yang telah dicapai tim Gateball Papua ini menjadikan salah satu peuang besar untuk meraih medali emas pada PON XX 2020 mendatang di Papua. Dengan jumlah medali yang begitu banyak, menurutnya akan ada sebelas yang masuk dalam eksebisi pada PON Jabar mendatang. (***)

 

Related Articles