Cegah Global Warming, Seribu Pohon Hijaukan Nabire

Category: Lintas Papua 0 0
Suasana Penanaman Pohon di Nabire (LintasPapua.com)
Suasana Penanaman Pohon di Nabire (LintasPapua.com)

JAYAPURA (LP)  –     Generasi muda pun tidak mau ketinggalan dalam upaya pencegahan pemanasan global (Global Warming). Seperti yang dilakukan oleh para mahasiswa Universitas Akper dan Akbid Kabupaten. Nabire yang tengah melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM), mereka mengadakan gerakan penanaman 1000 pohon guna menghijaukan sepanjang jalan Merdeka, Kabupaten Nabire, Sabtu (27/8).

Dosen Pendamping Lapangan (DPL) KKN-PPM, Abraham Marei mengatakan, penghijauan ini sangat penting dalam menjaga kelestarian alam, ia juga menjelaskan kegiatan ini sebagai bentuk aplikasi dari “Tri Dharma” Perguruan Tinggi dengan tujuan untuk melakukan pengabdian yang dilakukan dosen dan mahasiswa kepada masyarakat dan lingkungannya serta dalam upaya untuk melestarikan lingkungan dengan melakukan penghijauan.

Pohon yang akan kami tanam berupa Durian 300 batang, Sengon 300 batang, pohon Surian 200 batang, sisanya pohon Ketapang, Mahaoni serta Bayua. Bibit pohon yang kami gunakan berasal dari Dinas Kehutanan Kab. Nabire dan akan kami tanam di seluruh pinggiran kota Nabire, baik di pekarangan, tepian sungai hingga bukit-bukit yang gundul, namun untuk saat ini kami fokuskan di jalur protokol sebagai targaet utama kami, ungkap Abraham Marei disela-sela kegiatan penanaman.

Baca Juga :  RRI Wamena Lombakan Tilwatil Quran Diikuti 12 Peserta

“Kegiatan ini sangat bagus dilaksanakan karena merupakan bentuk dari pemberdayaan masyarakat serta menunjukkan kepedulian para generasi muda akan pentingnya pelestarian lingkungan. Terbukti para mahasiswa pun jadi pemeran utama dalam kegiatan kali ini”.Kata Wakil Rektor III, Prof. Jhony.

Lebih lanjut Prof. Jhony menambahkan, kegiatan ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa peran pemerintah daerah, masyarakat dan aparat teritorial dalam hal ini para Babinsa yang harus bersinergi satu sama lain. “Untuk itu, kami dari pihak Kampus mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen yang hadir dan membantu dalam pelaksanaan kegiatan ini”. Katanya. (***)

 

Related Articles