Senin Depan, MRP Lanjutkan Pertimbangan 42 Calon DPR Papua

Category: Lintas Papua 6 0
Kantor Majelis Rakyat Papua di Kotaraja (LintasPapua.com/Eveerth Joumilena)
Kantor Majelis Rakyat Papua di Kotaraja (LintasPapua.com/Eveerth Joumilena)

JAYAPURA (LP) – Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP), Timotius Murib menuturkan, bahwa kelengkapan – kelengkapan MRP sudah dibentuk dan siap bekerja untuk melakukan seleksi memberkan pertimbangan keaslian Orang Papua untuk 42 nama calon – calon DPR Papua, yang direncanakan pada Senin (29/8).

“Setelah adanya perpanjangan tiga bulan untuk masa kerja MRP, sehingga Senin (29/8) – Rabu (31/8) kami akan mulai bekerja melalui seleksi sesuai kewenangan dan dikerjakan selama tiga hari,” ujar Timotius Murib, saat dikonfirmasi LintasPapua.com,  Jumat (26/8).

Dijelaskan, bahwa selama ini memang terkesan Gubernur Papua telah mengambil alih, akan tetapi hal ini hanya sebatas lisan yang disampaikan  kepada media, sehingga kami akan koordinasi lagi untuk bekerja kembali.

“Sesuai kewenangan yang diberikan adalah memberikan persetujuan dan  pertimbangan terhadap keaslian orang Papua dari 42 nama – nama yang telah diserahkan Pansel kepada kami,” katanya.

Dirinya berharap, semua tugas – tugas ini dapat berjalan, selain akan mempersiapkan juga Pokja Persiapan Pembentukan MRP Jilid III, termasuk proses pemilihan dan tahapannya serta beberapa melakukan pansus kasus tanah yang terjadi di beberapa daerah.

Baca Juga :  BPBD Jayapura Bantu Warga Bencana Puting Beliung di Airu

Sebelumnya, MRP  resmi menerima 42 nama anggota DPRP Pengangkatan 14 kursi dari Pansel Provinsi, Senin (11/7/2016)  di Kantor MRP, untuk dipertimbangkan tentang keasliannya sebagai Orang Asli Papua (OAP).

Timotius Murib menuturkan, bahwa  tiga hari merupakan waktu paling cepat bagi MRP untuk memberikan pertimbangan keaslian sebagai OAP 14 kursi DPRP  Pengangkatan., akan tetapi terkait dengan ketidakhadiran Wakil Ketua I dan II, karena untum mengurus perpanjangan masa tugas MRP, yang merupakan undangan dari Menteri Dalam Negeri melalui Ditjen Otda, karena masa jabatan MRP  akan berakhir pada 13 Juli 2016.

42 nama yang lolos berasal dari lima wilayah adat, yakni Saireri, Anim Ha, La Pago, MeePago, dan Tabi. Demikian hasil pertimbangan  MRP akan diserahkan kepada Gubernur Papua  untuk mendapat pertimbangan akhir dan akan ditetapkan  14 nama untuk diangkat  menjadi anggota DPRP.

“Kini dengan adanya perpanjangan tugas MRP hingga Oktober 2016, maka kami akan kembali melakukan fungsi tersebut, sehingga menjadi harapan untuk proses ini bisa berjalan baik,” harap Mantan Ketua DPRD Puncak Jaya iini. (Eveerth Joumilena)

Related Articles