Pertamina : Air Truck Canada Siap Angkut BBM ke Pedalaman Papua

Category: Lintas Papua 30 0
Jenis Pesawat Air Truck angkutan BBM yang digunakan PT. Pertamina untuk angkutan kedaerah pedalaman Papua (Foto Siagian)
Jenis Pesawat Air Truck angkutan BBM yang digunakan PT. Pertamina untuk angkutan kedaerah pedalaman Papua (Foto Siagian)

JAYAPURA (LP)    –  General Manager PT. Pertamina MOR  VIII Maluku-Papua,  Eldi Hendry mengatakan, bahwa dua unit pesawat jenis Air Truck asal Canada tiba di Jayapura, ke dua pesawat akan dioperasikan PT. Pertamina untuk angkutan Bahan Bakar Minyak (BBM) harga bersubsidi  untuk wilayah pengunungan Papua.

Dikatakan, kedua pesawat Air Truck yang didatangkan dari Canada tersebut untuk mendukung angkutan BBM ke daerah pedalaman Papua dan   Kalimantan dalam rangka penyebaran BBM harga murah di seluruh wilayah Indonesia.

Dijelaskan, untuk wilayah Papua angkutan BBM ke wilayah pedalaman  Papua ‎dilakukan melalui Bandara Sentani dan Timika dengan daerah pelayanan kabupaten Puncak, Tolikara,  Memberamo Tengah dan Yalimo serta Pengunungan Arfak di Papua Barat yang hanya dapat dijangkau dengan pesawat, sedangkan ke kabupaten Nduga dan Memberamo Raya bisa melalui angkutan sungai.

“ Pesawat ada dua, satu dioperasikan di Papua dan satunya di Tarakan, Kalimantan Utara untuk membackup daerah-daerah perbatasan negara yang selama ini masyarakat di perbatasan Kalimantan itu memperoleh BBM dari negara tetangga Malaysia,” ungkapnya.

Baca Juga :  IKASUP Safari Ramadhan ke Keerom Menyapa Ponpes Latifa Mubbarokha

“Kedatangan dua unit pesawat Air Truck dari Canada yang dicarter Pelita Air untuk angkutan distribusi BBM kepedalaman Papua dan Kalimatan yang selama ini belum terlayani BBM bersubsidi,” ujar General Manager PT. Pertamina MOR  VIII Maluku-Papua,  Eldi Hendry, saat dikonfirmasi,  di bandara Sentani Jayapura, Jumat (26/8)

Dirinya menyampaikan,  bahwa pihaknya juga memikirkan masalah safety angkutan , karena selama ini BBM diangkut ke pedalaman Papua menggunakan pesawat cargo, dimanan BBM di isi dalam drum.  Jadi sekarang pengiriman BBM digunakan Air Track. Cara ini merupakan perspektif secara internasional,” katanya.

Bag‎i daerah – daerah yang selama ini sudah melakukan angkutan BBM menggunakan Drum masih tetap dilaksanakan seperti ke Wamena, Pegunungan Bintang  dengan pesawat cargo.

 

” Bagi daerah yang selama ini mengangkut BBM dengan Cargo tetap berjalan, namun secara berlahan-lahan akan dialihkan ke Air Truck sekaligus menunggu satu lagi pesawat tiba,” tuturnya.

Pesawat Air Truck tersebut mampu mengangkat BBM sebanyak  4.000 liter sekali terbang, sehingga untuk pelayanan di Papua satu kabupaten bisa terbang dua kali satu hari .  (Eveerth Joumilena)

Related Articles