Pemkot Jayapura Akan Lakukan Operasi Yustisi Kebersihan

Kepadatan Penduduk Kota Jayapura, diperlukan kesadaran menjaga kebersihan (LintasPapua.com/Eveerth Joumilena)
Kepadatan Penduduk Kota Jayapura, diperlukan kesadaran menjaga kebersihan (LintasPapua.com/Eveerth Joumilena)

JAYAPURA (LP) – Dinas Kebersihan dan Pemakaman (DKP) Kota Jayapura melangsungkan rapat tertutup dan melibatkan Polres Jayapura, Hakim, Jaksa, Perhubungan, serta Satpol PP, Kamis (25/8/2016).

Kepala DKP Kota Jayapura, Jacobus Itaar menuturkan, , rapat secara tertutup tersebut untuk membahas rencana akan dilakukannya Operasi Yustisi terkait Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2011.

“Sebagaimana yang tertuang didalam pasal 4 Ayat 2 yang berbunyi, setiap pemiilik kendaraan roda empat di Kota Jayapura wajib harus memiliki tempat sampah,” ujar Jacobus Itaar, di Jayapura, Kamis (25/8/2016).

Dikatakan,  hal itu di lakukan agar tetap menjaga kebersihan, keindahan dan kenyamanan semua warga di Kota Jayapura. Dirinya juga menegaskan bahwa,  Kota Jayapura adalah milik semua orang.

“Kita belum sadar untuk memelihara kota dalam menjaga kebersihan. Jika ada  masyarakat yang kedapatan membuang sampah sembarangan dari atas kendaraanya akan  di berikan efek jerah,”  kata  Jacobus.

Sebab itu, lanjutnya, pihaknya akan melakukan Operasi Yustisi kebersihan di Kota Jayapura ini untuk yang ketiga kalinya pada Selasa pagi (30/8/2016), bertempat di depan di Gedung Olahraga Cenderawasi yang akan  di pimpin langsung oleh Penjabat Wali Kota Jayapura.

Sebelumnya, kata Jacobus, pihaknya sudah melakukan Operasi Yustisi kebersihan, dan  mendapat 160 pelanggar yang tersebar di wilayah Abepura dan Distrik Jayapura Utara.

Jacobus  berharap,  operasi kali ini, jumlah pelanggar berkurang,  karena masyarakat sudah mulai sadar.

“Banyak yang kami tangkap mereka bilang belum tau perda yustisi kebersihan ini, sebab mereka orang baru,” ucapnya.

Agar menghindari kendaraan mengekor, operasi tersebut akan di berlakukan sistem buka tutup, sehingga tidak mengganggu pengguna jalan dan mengurangi kemacetan pada jalur lalu lintas. (Elanda)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...