Pertamina Bantu Veteran dan Mantan Narapidana di Manokwari

Category: Lintas Papua 8 0
Ilustrasi Sebuah Iklan Pertamina
Ilustrasi Sebuah Iklan Pertamina

JAYAPURA (LP)  –  Berkaitan dengan rangkaian Program BUMN Hadir Untuk Negeri tahun 2016, Pertamina menyelenggarakan serangkaian kegiatan tanggung jawab sosial dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 di Manokwari, Papua Barat,  17 Agustus 2016.

 

Utamanya, PT Pertamina hari ini fokus pada kegiatan rehabilitasi dan pembinaan. Kegiatan tersebut antara lain kegiatan rehabilitasi rumah 60 veteran, kegiatan pembinaan 6 mantan narapidana dan kegiatan BUMN Mengajar.

 

Sejak pagi, perayaan HUT RI ke-71 dimulai dengan upacara yang dipimpin langsung oleh Direktur Utama Pertamina, Bapak Dwi Soetjipto, di terminal BBM Manokwari bersama masyarakat setempat, para veteran pejuang kemerdekaan dan seluruh pekerja Pertamina serta perwakilan BUMN di Manokwari.

 

Sebagai bentuk apresiasi nyata kepada para veteran pejuang kemerdekaan atas jasa-jasa mereka, Pertamina bekerjasama dengan ZENI-TNI dan TNI teritorial setempat merehabilitasi tempat tinggal mereka. Sebanyak 60 rumah akan “dibedah” menjadi tempat tinggal dengan standar kelayakan yang lebih baik seperti atap, dapur, lantai keramik, ventilasi, MCK, ruang tidur, dan ruang tamu.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan tempat tinggal yang layak bagi para veteran yang sudah memsuki usia lanjut.

Baca Juga :  Prosesi Pembuatan Perahu Tradisional Sentani (Kampung Yoka)

 

Kegiatan kedua adalah pembinaan mantan narapidana yang sudah menjalani hukuman kurungan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Manokwari. Pertamina ikut serta dalam membina 6 orang narapidana berusia produktif yang sudah keluar dari Lapas mulai Agustus 2016. Pembinaan bertujuan untuk menyiapkan para mantan narapidana agar bisa berintegrasi secara sehat dengan masyarakat, sehingga bisa berperan kembali sebagai anggota masyarakat yang bebas dan bertanggung jawab. Bentuk pelatihan yang diberikan oleh PT Pertamina terkait dengan pengembangan keahlian atau skill untuk berwirausaha.

 

“Kesiapan mantan narapidana untuk bisa berperan kembali dalam masyarakat dan jadi warga yang produktif sering menjadi masalah klasik. Kami sengaja melakukan pembinaan lebih dari sekadar pembekalan keahlian. Selama 6 bulan, Pertamina akan memberikan pendampingan usaha dan memberikan bantuan peralatan sebagai modal kerja para mantan napi ini,” ujar Wianda Pusponegoro, VP Corporate Communications PT. Pertamina (Persero).

 

Sebelumnya, Pertamina juga telah menyelenggarakan rangkaian kegiatan sosial BUMN Hadir Untuk Negeri di antaranya penyediaan sarana air bersih di dua lokasi di Manokwari, coaching clinic untuk guru-guru olahraga dan pelatih sepak bola lokal yang ada di Papua Barat serta menyelenggarakan Program Siswa Mengenal Nusantara Tahun 2016 (SMN 2016). Pada program SMN 2016 ini, ada 20 orang siswa dan 2 guru teladan di wilayah Papua Barat yang dikirimkan ke Sumatera Barat untuk mengikuti misi kebangsaan dan kebudayaan.

Baca Juga :  Disnakerduk Papua Gelar Rakorda Pengawasan Ketenagakerjaan

 

“Rangkaian kegiatan tanggung jawab sosial ini sebagai wujud komitmen Pertamina yang ingin terus hadir di tengah masyarakat Indonesia. Kami berharap berbagai program yang telah kami selenggarakan, serta berbagai bsantuan yang kami salurkan melalui rangkaian kegiatan di Manokwari ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kesejahteraan masyarakat di Bumi Cendrawasih ini,” jelas Wianda, yang dikutip dari www.pertamina.com

 

Perayaan HUT RI ke-71 di Manokwari juga diwarnai dengan kegiatan pesta rakyat di Lapangan Borasi, Manokwari. PT Pertamina menggelar pasar murah dan berbagai lomba, seperti lomba mewarnai untuk anak-anak dan perlombaan khas perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia di seluruh Nusantara. (***)

 

Related Articles