Penerimaan PBB – P2 Kota Jayapura Capai Rp. 15 Miliar

Category: Lintas Papua 9 0
Abepura sebagai kota jasa dan pendidikan menarik dalam penerimaan PBB - P2 (LintasPapua.com)
Abepura sebagai kota jasa dan pendidikan menarik dalam penerimaan PBB – P2 (LintasPapua.com)

JAYAPURA (LP)  –  Hinga saat ini Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perdesaan dan Perkotaan (P2) telah mencapai Rp. 15.349.180.738,- atau sekitar 95,93 Persen dari total penerimaan sebesar Rp.16.000.600.000.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Jayapura,  Drs. Fachruddin Pasolo, M.Si, sekaligus menjelaskan, bahwa untuk data atas PBB – P2 tahun 2016 adalah sebanyak 44.572 WP dan ketetapannya adalah sebesar Rp. 22.919.893.162,-.

 

“Selanjutnya dari angka tersebut, maka capaian hasil yang diterima melalui penyetoran PBB – P2 sampai dengan hari ini adalah  Rp. 15.349.180.738,- atau sekitar 95,93 Persen dari total penerimaan sebesar Rp.16.000.600.000 dan dapat dikatakan masih kurang lima persen,” ujar Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Jayapura,  Drs. Fachruddin Pasolo,  M.Si, dalam sambutannya di aula Distrik Abepura,  Selasa (23).

Kegiatan  ini sekaligus dengan Sosialisasi Perda Kota Jayapura Nomor 4 Tahun 2011 tentang Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Nomor 5 Tahun  tentang Pajak  Bumi dan Bangunan sektor Perdesaan dan Perkotaan, serta proses pengurusan sertifikat tanah di Kota Jayapura.

Baca Juga :  Wali Kota BTM Serahkan Bantuan Prospek Rp. 1 Miliar di Distrik Japut

 

Dirinya menilai, Pencapaian   ini menunjukan menjadi bukti bawha kesadaran masyarakat  Kota Jayapura selaku wajib pajak sangat tinggi.

“ Saya sebagai kepala dinas memberkan apresiasi atas kesadaran bagi wajib pajak dalam membayar pajak khususPBB – P2,”: katanya.

 

Dilanjutkan, terkait semua ini , dengan agenda sosialisasi adalah  untuk bagaiman a ada pemahaman dari pihak kelurahan dan warga masyarakat  untuk dapat mengetahui  dan memahami tentang kewajibana warga negara Indonesia dalam hal Pajak, terutama Pajak Bumi dan Bangunan.

“Selain itu,  ada juga masyarakat Kota Jayapura mengetahui apa itu BPHTB oleha Pusat yaitu pada tahun 2011 dan pengelolalan PBB – P2 baru dilaksanakan tahun 2014 oleh Pemerintah Kota Jayapura,”  ungkapnya.

Ditambahkan,  setelah diserahkan  oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini Kantor Pelayanan Pajak Pratama kepada seluruh Pemerintah kabupaten/kota dan pelaksanaannya sudah dilakukan Dinas Pendapatan Daerah Kota Jayapura hingga saat ini.

Sementara itu, Kepala Distrik Abepura, Bobby J.E. Awi, SSTP, M.Si.,  berharap kepada semua warga yang ikut kegiatan  nantinya dapat menjadi duta – duta yang membawa pesan ini serta memahami dengan baik.

Baca Juga :  Merah Putih Terbesar Berkibar di Raja Ampat

““Kiranya dapat mensosialisasikan, sehingga dapat mendorong peningkatan pendapatan  dan masyarakat juga dapat menikmati pembangunan,  Sebabnya mari kita dapat membangun kesadaran dalam membayar dan kita dapat dapat berguna bagi kemajuan Pembangunan,” pesannya.  (Eveerth Joumilena)

Related Articles