83 Warga Papua Dibekali Nilai Kebangsaan Lemhannas RI

Category: Lintas Papua 4 0
Ilustrasi Nuansa Merah Putih di Papua (LintasPapua.com)
Ilustrasi Nuansa Merah Putih di Papua (LintasPapua.com)

JAYAPURA (HPP)  –  Lemhannas RI menggelar kegiatan pemantapan nilai-nilai kebangsaan bagi kalangan Birokrat, Akademisi dan Tokoh Masyarakat di Provinsi Papua, bertempat di Hotel Sahid Entrop Jayapura, Selasa (2308/2016).

 

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Deputi Bidang Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan Lemhanas RI Laksamana Muda TNI Ir. Yuhastihar, MM dan diikuti oleh 83 orang peserta yang dihadiri oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian.

 

Gubernur Lemhannas dalam amanatnya yang dibacakan oleh Deputi Bidang Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan Lemhanas RI menyampaikan bahwa perjalanan  kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan yang berdampak pada ancaman terhadap persatuan dan kesatuan. Oleh karena itu, kepekaan terhadap dinamika yang terjadi sangat diperlukan agar dapat mengantisipasi dan menyikapinya secara cerdas dan bijak.

 

Kehidupan berbangsa dan bernegara yang demokratis, beretika dan bermartabat harus senantiasa terus ditumbuhkembangkan di tengah-tengah masyarakat. Diperlukan peran serta semua komponen masyarakat untuk memperkuat demokrasi dan melestarikan nilai-nilai luhur dan jati diri bangsa yang bercirikan semangat gotong royong, saling menghargai, santun dan menjunjung tinggi kehormatan bangsa dan negara.

Baca Juga :  Ajak Warga Tak Terprovokasi, DPD KNPI Papua Sikapi Situasi Kamtibmas

 

Nilai-nilai luhur yang tersurat dalam ediologi Pancasila saat ini masih kurang dalam implementasinya. Hal ini yang mendorong perlunya pemantapan nilai-nilai bagi kalangan Birokrat, Akademisi, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat agar implementasi nilai-nilai kebangsaan dapat optimal.

 

Menghadapi tantangan tersebut maka Lemhannas RI merancang kegiatan selama 7 hari kedepan, dengan harapan dapat membekali para peserta dengan materi-materi terkait 4 (Empat) konsensus dasar bangsa yang meliputi Pancasila sebagai ideologi negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan sesanti Bhinneka Tunggal Ika yang menunjukkan ciri khas kemajemukan bangsa Indonesia.

 

Disamping itu kegiatan ini menjadi sarana untuk membina dan menumbuhkan rasa dan semangat kebangsaan guna meningkatkan kerukunan berbangsa serta cinta tanah air dalam rangka menjaga persatuan, kesatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Selain 4 (Empat) konsensus dasar tersebut para peserta juga akan dibekali materi tentang konsepsi nasional yang meliputi Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Kewaspadaan Nasional dan Kepemimpinan Nasional serta kegiatan pembelajaran di luar ruangan(Outbound). (Eveerth Joumilena)

Baca Juga :  Muskom Ottow Geissler Awali Kebangkitan GMKI Jayapura

Related Articles