852 Narapidana Papua Terima Remisi dan Santunan

Category: Lintas Papua 6 0
Lapas Narkotika Doyo Baru (www.trunity.net)
Lapas Narkotika Doyo Baru (www.trunity.net)

JAYAPURA (LP)  – Sebanyak 852 narapidana yang tersebar di 10 lembaga pemasyarakatan (Lapas) di Provinsi Papua, pada Rabu siang menerima remisi bertepatan dengan peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia.
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, Hery Dosinaen mewakili Gubernur Lukas Enembe menyerahkan langsung remisi kepada ratusan narapidana di Lapas Narkotika Doyo Baru, Kabupaten Jayapura dalam bentuk upacara.

 

Penyerahan remisi itu dipadukan dengan pelepasan kaos bertuliskan warga binaan terhadap dua orang wakil narapidana yang mendapatkan remisi langsung bebas yang disaksikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Provinsi Papua, Abner Banosro dan Waka Polda Papua Brigjen Pol Rudolf Roza.

 

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Papua, Jackson A Lapalonga, Bupati Jayapura Mmathius Awaitauw dan Kepala Lapas Narkotika Doyo Baru Sulistyo Wibowo.
“Pemberian remisi kepada narapida ini, tidak terlepas dari peran Kanwil Hukum dan HAM Papua yang dalam pembinaanya mampu membina warga negara yang bermasalah dengan hukum,” kata Heri, yang dikutip dari ANTARA.

Baca Juga :  Hari Kedua di Turki, Presiden Jokowi akan Bertemu Presiden Erdogan di Istana Kepresidenan Turki

 

Abner Banosro, Kepala Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Papua  mengatakan dari 852 narapidana yang menerima remisi, 33 diantaranya langsung bebas.
“Jadi, remisi itu pemberian atau pemotongan masa tahanan seorang narapidana yang telah memenuhi syarat. Harapannya mereka yang langsung bebas bisa diterima kembali oleh keluarganya. Karena selama di Lapas para narapidana diberikan kecakapan hidup,” kata Abner.
Sementara itu Kepala Lapas Narkotika Doyo Baru, Sulistyo Wibowo mengemukakan bahwa 85 dari 235 narapidana di tempatnya mendapat remisi.
“Satu orang narapidana langsung mendapat remisi bebas,” kata Sulistyo Wibowo, yang dikutip dari ANTARA.
Secara terpisah, Ahmad, salah satu narapidana Lapas Narkotika Doyo Baru yang mendapat remisi langsung bebas, tidak dapat menyembunyikan rasa harunya.
“Perasaan saya senang, campur aduklah, terutama kepada keluarga saya sangat rindu berkumpul dengan mereka. Ini pertama dan terakhir buat saya, ini pengalaman juga,” katanya yang tersangkut kasus pemakaian sabu-sabu.
Para narapidana yang mendapat remisi bebas mendapat uang santunan dari Pemerintah Provinsi Papua masing-masing sebesar Rp. 1 juta. (***)

Baca Juga :  Polisi Geledah Bengkel Ikawangi Pembuat TNKB Palsu Berlogo Korlantas Polri

Related Articles