Masyarakat Kampung Arwanop Sambut HUT RI

Category: Lintas Papua 7 0
Suasana Upacara di Kampung Arwanop (LintasPapua.com)
Suasana Upacara di Kampung Arwanop (LintasPapua.com)

JAYAPURA (LP)  –  HUT Republik Indonesia ke-71 pada tanggal 17 Agustus 2016 telah memberikan kesan yang mendalam bagi masyarakat Papua. Seperti halnya yang terjadi di Kampung Arwanop, warga di kampung ini, mereka dengan sukacita menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-71 walaupun dengan perlengkapan terbatas.

Kegiatan Upacara dilaksanakan di landasan Bandara Ainggogin dengan melibatkan beberapa perangkat Desa dan disaksikan ribuan masyarakat sekitar.

Dalam mempersiapkan Upacara 17 Agustus, anggota Koramil 1710-04/Tembagapura, dipimpin Batuud, Pelda Yonasus Rumsano beberapa hari sebelumnya membantu masyarakat dengan memberikan bimbingan pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih.

Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Pemerintah Distrik dan Aparat Kepolisian.

Pelatihan difokuskan pada pergerakan hingga tata cara pengibaran dan penurunan bendera. Pasukan pengibar bendera di Kampung Arwanop tidak menggunakan pakaian layaknya Paskibra, namun hanya menggunakan pakaian biasa karena terbatasnya sarana dan prasarana,  dan semua itu tidak menyurutkan mereka untuk tetap mengibarkan Bendera Merah Putih tegak berdiri.

Dalam menyambut HUT RI ke 71, Kampung Arwanop menggelar beberapa kegiatan perlombaan yang dimulai sejak tanggal 13 Agustus 2016, diantaranya lomba kebersihan, lomba pertanian, lomba pembuatan noken, lomba balita sehat, lomba mewarnai dan lomba balap kelereng.

Baca Juga :  PKPI Kota Jayapura Resmi Dukung BMD - ALAM

Acara adat pun tidak dilewatkan untuk melestarikan budaya asli Papua tepat pada tanggal 17 Agustus dilaksanakan pula kegiatan bakar batu sebagai pesta rakyat.

Selain itu dilaksanakan juga pembentangan Bendera Merah Putih di ujung landasan Ainggogin sebesar 50 x 33 M sebagai wujud kecintaan masyarakat Kampung Arwanop terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Koramil 1710-04/Tembagapura juga bekerja sama dengan CLO PT. Freeport Indonesia dan Pemerintah Distrik membagikan 3000 sepatu kepada siswa di Kampung Arwanop, namun baru terbagikan sebanyak 1000 sepatu karena terkendala cuaca dan terbatasnya Helikopter.  (***)

Related Articles