Lukas Enembe Akui Terus Membangun SDM Papua

Category: Lintas Papua 25 0
Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH (papuakita.com)
Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH (papuakita.com)

JAYAPURA (LP)  –  Dalam belajar untuk menuntut ilmu atau ingin menambah pengetahuan, bukan saja lewat pendidikan formal tetapi lewat pendidikan informal atau lewat kursus dan pelatihan juga bisa memberikan pengalaman dan kecakapan hidup.

Hal ini disampaikan Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH., sekaligus menjelaskan, bahwa  Pemerintah Provinsi Papua tiap tahun menyediakan dana milyaran rupiah untuk sektor pendidikan, yang masuk dalam dana Otonomi Khusus (Otsus), sekaligus sebagai komitmen dalam membangun sumber daya manusia (SDM) Papua.

“Dana Otsus itu sudah  disebar di tiap kabupaten/kota dan diatur sedemikian rupa dan direncanakan tiap tahun dana untuk pendidikan akan dievaluasi dan ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan,” ujar Gubernur Papua, Lukas Enembe, dalam siaran pers di  Kota Jayapura, Papua, Selasa (16/8) malam.

Hal ini juga disampaoikan Guna menyambut HUT ke-71 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2016, Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH.,  mengajak segenap lapisan masyarakat yang ada di provinsi paling timur Indonesia itu untuk memaknai perjuangan para pahlawan bangsa lewat karya nyata dalam membangun daerah.

Baca Juga :  Bupati Mathius Menilai Ada Yang Ingin Merusak Kedamaian Papua

“Karya nyata dalam membangun daerah tidak perlu dengan muluk-muluk, tetapi mulai dari dalam diri kita sendiri. Berkomitmen untuk maju, tidak berpangku atau membuka tangan terus kepada orang lain atau pemerintah, tapi selalu mau berupaya untuk berinovasi lewat belajar dan belajar,” katanya.

Wajah Ceria Generasi Papua, anak - anak sekolah dasar di Distrik Nimboran, saat Upacara HUT RI ke 71 (LintasPapua.com)
Wajah Ceria Generasi Papua, anak – anak sekolah dasar di Distrik Nimboran, saat Upacara HUT RI ke 71 (LintasPapua.com)

Dengan harapan, anak-anak Papua yang masuk dalam usia sekolah dan kuliah bisa mendapatkan alokasi dana Otsus disektor pendidikan, yang tentunya itu akan dilakukan secara bertahap dan berjenjang. Kabupaten/kota di Papua juga terus melakukan berbagai pembenahan dan inovasi dalam sektor peningkatan pendidikan yang menggunakan dana Otsus.
Dalam halnya dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI, Pemerintah Provinsi Papua terus melakukan pembenahan dan perbaikan untuk peningkatan pendidikan di Papua. Dan sebagai orang nomor satu di Bumi Cenderawasih mempunyai amanah dan tanggungjawab untuk memajukan SDM Papua dengan memanfaatkan berbagai pemasukan ekonomi daerah.

“Untuk itu saya mengajak kita semua, orang Papua dari pesisir pantai, ngarai, lembah dan pegunungan untuk mari bersama pemerintah membangun daerah. Orang Papua sudah merdeka dalam bingkai NKRI, jadi sudah seharusnya mengisi dengan pembangunan,”katanya.

Baca Juga :  Masyarakat Diminta Awasi, Sekolah Lakukan Pungutan Liar Akan Disanksi

“Dalam mengisi pembangunan bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalnya, kalau masih usia sekolah, yah belajar dan belajar. Kalau sudah selesai sekolah, cari kerja untuk mencukupi kebutuhan hidup. Kita dikatakan merdeka jika mampu menghidupi diri sendiri, keluarga dan orang lain, itulah kemerdekaan yang sebenarnya yang harus
diresapi,”sambungnya.

Mengenai berbagai persoalan yang belakangan ini menimpa mahasiswa Papua di DI Yogyakarta, Gubernur Lukas Enembe meminta agar pemerintah ikut membantu memberikan solusi.

“Anak-anak Papua bagian dari NKRI, bagaimana mereka merasa memiliki bangsa dan negara ini jika masih ada rasa ketidakadilan. Saya juga meminta dan mengimbau kepada anak-anak Papua yang kuliah, agar lebih mementingkan meniti masa depan, tidak perlu bicara soal lain diluar belajar dan belajar,” ajaknya. (***)

Related Articles