524 Mahasiswa Baru Ikut PKKMB Fisip Uncen

Category: Lintas Papua 26 0
ujar Ketua Panitia PKKMB Fisip Uncen, Melayana R. Pugu, S.IP, M.Si (LinitasPapua.com)
Ketua Panitia PKKMB Fisip Uncen, Melayana R. Pugu, S.IP, M.Si (LinitasPapua.com)

JAYAPURA (LP)  –  Sebanyak 524 mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial dan Imu Politik (FISIP) Universitas Cenderawasih (Uncen) mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), di Kampus Fisip Uncen, Selasa (16/8).

 

“PKKMB adalah sebuah kegiatan wajib yang harus diikuti sebagai pengenalan mahasiswa dengan kampus dan khususnya di Fisip Uncen berlangsung sehari, setelah sebelumnya pada tanggal 15 Agustus ditingkat universita,” ujar Ketua Panitia PKKMB Fisip Uncen, Melayana R. Pugu, S.IP, M.Si, kepada media di Aula Fisip Uncen, Selasa (16/8).

Dikatakan, dalam kesempatan ini mahasiswa diajak mengenal kampusnya dan mengetahui sistem akademik serta apa yang harus dilakukan ketika menjadi mahasiswa, termasuk beba studi yang harus dikerjakan sebagai mahasiswa.

“Selama sehari kita memberikan tiga materi, yakni ada materi tentang akademik dibawakan pembantu dekan satu, dimana mengulas tentang Kartu Renana Studiu dan semua hal menyangkut akademik,” kata Melyana Pugu, yang juga Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan FISIP – UNCEN.

Ditambahkan,  selanjutnya ada materi bidang kemahasiswaan dan yang ketiga diberikan game atau permainan.

Baca Juga :  Paulus Waterpauw : Matahari Dari Timur Bersinar ke Ufuk Barat

Disampaikan, bahwa dalam kegiatan PPKMB kita melibatkan Komnas HAM dan ombusment serta orang tua siswa untuk melihat secara langsung dan semacam pengawasan.

“Dari senat fakultas juga ada tiga orang dan diharapkan semua bisa berjalan lancar, akan tetapi yang pasti bahwa dalam PPKMB tidak ada perploncoan, justru kita memperkenalkan kembali simbol – simbol budaya dan kampus,” katanya.

Aula Fisip Uncen Dengan Mahasiswa Baru
Aula Fisip Uncen Dengan Mahasiswa Baru

Sementara itu, Pembantu Dekan I Bidang Akademik FISIP UNCEN, Dr. Simon Abdi K. Frank, M.Si., mengatakanm bahwa kegiatan PKKMB sudah terjadwal secara universitas dan pihaknya mengikuti keputusan pimpinan.

“Inti dari kegiatan ini adalah mengenal kampus fisip dan bagaimana program – progtram akademik dan organsiasi yang ada di fakultas, menyangkut output yang akan dihasilkan oleh fasiltas yang bisa dipakai oleh mahasiswa,” katanya.

Dijelaskan, bahwa pihaknya juga mengenalkan  program pendidikan dan masa studi dan perpindahan mahasiswa antar program studi dan fakultas, serta  juga hak – hak mahasiswa dan beasiswa – beasiswa serta sanksi – sanksi yang akan diterima jika mahasiswa lalai.

Baca Juga :  Gubernur Papua Diminta Fokus Selesaikan Pembangunan di Bumi Cenderawasih

“Silahkan berdemo, kalau tidak akademik diluar dan secara akademik akan dilayani, namun yang terpenting adalah ddengan serius bagi mahasiswa bisa menyelesaikan pendidikan mereka selama di fakultas dan berharaap bisa tiga setengah tahun,” pesannya.

Diakui, dalam kegiatan ini jugaa diawasi dari Komnas HAM dan orang tua mahasiswa, sehingga kita jugaa mencegah adnya kekerasan fisik dan memang hal tersebut tidak dilakukan.

“Justru dalam moment ini kami lakukan pembinaan budaya kepada 524 mahasiswa baru dan berharap semua berjalan naik dan  ada kesan yang baik juga diterina mahasiswa,” tandasnya. (Eveerth Joumilena)

Related Articles