Nimboran Bagian Tak Terpisahkan Dari NKRI

Category: Lintas Papua 9 0
Suasana Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih HUT RI di Lapangan Sepakbola Nimboran (LiintasPapua.com)
Suasana Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih HUT RI di Lapangan Sepakbola Nimboran (LiintasPapua.com)

JAYAPURA (LP)  Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia dirayakan dengan penuh antusias dan mendapat sambutan dari masyarakat Nimboran, Kabupaten Jayapura, walaupun daerah ini sering dianggap rawan akibat adanya kelompok – kelompok gangguan kriminal, namun tetap setia dan ikut dalam perayaan HUT RI, sebagai sikap tak terpisahkan dengan Negara Indonesia.

Antusias ini ditunjukan dengan berbagai kegiatan dan lomba yang diikuti masyarakat serta mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Distrik Nimboran di bawah pimpinan Kepala Distrik Nimboran, Edison Yapsenang, S.Sos.

“Kegiatan ini berlanjut terus untuk mendukung NKRI dan  semua masyarakat siap bersama – sama mengawal kegiatan dengan menggerakan pemuda yang ada dilibatkan,” ujar Kepala Distrik Nimboran, Edison Yapsenang, S.Sos., usai perayaan Upacara HUT RI di Lapangan Nimboran, Rabu (17/8).

Dikatakan, selama  ini hampir empat tahun banyak proses terjadi dan pemuda belum tersentuh, sehingga moment HUT RI semua oenmuda diajak, termasuk KNPI Distrik hingga Pemuda Karang Taruna.

 

“Akan tetapi, kegiatan ini menunjukan bahhwa Nimboran adalah bagian tak terpisahkan dari NKRI dan pemuda bersama masyarakat siap mengamankan semua kebijakan pemerintah Indonesia  dan terlebih kebijakan Pemerintah Kabupaten Jayapura,” tegasnya.

Baca Juga :  LEMASA Luncurkan Buku Advokasi Adat dan Kritisi Masalah Freeport

Memang, katanya, ada beberapa masyarakat yang  megatasnamakan, namun kondisi distrik tetap berjalan aman dan semua pemuda kitaa libatkan dalam kegiatan HUT RI.

“Bahkan pernah dalam kegiatan 1 Juli kita mengajak semua pemuda untuk terlibat, sehingga terhindari dari kegiatan – kegiatan yang tidak terpuji, sebabnyaa menjelang 1 Desember juga kita akan kemas dan berbagai kegiatan terutama untuk mengajak masyarakat mendukung pembangunan,” ungkapnya.

Kepala Distrik Nimboran, Edison Yapsenang, S.Sos (LintasPapua.com)
Kepala Distrik Nimboran, Edison Yapsenang, S.Sos (LintasPapua.com)

Edison Yapsenang menuturkan, bahwa dalam moment ini ada kegiatan futsal, bola dan catur serta lomba lainnya untk menggali potensi pemuda.

“Ini bukan formalitas, namun ada bibit – bibit yang harus digali potensinya, karena daerah Nimboran pernah mempunyi masa keemasan, yakni pernah memiliki Koperasi Yawa Datum, bahkan potensi pertanian dan perikaanan, sehingga ini selayaknya dibangkitkan kembali,” tuturnya.

Disampaikan juga, dengan adanya ini, maka akan dilakukan koordinasi dengan dinas terkait, dalam hal ini Bupati juga bisa mendorong sektor ini dikembangkan lagi.

Sementara itu, Ketua Dewan Adat Asli Suku – Suku  Demutru, Piter Yanuaring menuturkan, bahwa pihaknya mendukung perayaan HUT RI dan mengajak semua masyarakat terlibat.

Baca Juga :  Bupati Yahukimo Ingatkan 517 Kepala Kampung Gunakan Dana Desa Baik

“Kami adat sudah ada sebelum negara dan sekarang kami tetap didalam negara dan kalau hari ini perayaan kami kami mendukung NKRI didalamnya,” katanya.

Didalam Kitab Roma 13 dikatakan,m bahwa Pemerintah Adalah Wakil Allah sehingga masyarakat kita wajib mendukung kebijakan pemerintah saat ini.

Upacara berlangsung hikmah diikuti oleh masyarakat dan semua aparat Distrik Nimboran serta dipimpin oleh Kodim 1701/JPR Koramil II Nimboran, Muh. Arsyad, selaku komandan upacara dan bertindak sebagai pembina upacara adalah Kepala Distrik Nimboran. (Eveerth Joumilena)

Related Articles