Aksi Damai Rakyat Papua di Merauke Dukung NKRI

Category: Lintas Papua 13 0
Aksi Turun Jalan Warga Papua yang menyatakan setia kepada NKRI  (LintasPapua.com)
Aksi Turun Jalan Warga Papua yang menyatakan setia kepada NKRI (LintasPapua.com)

JAYAPURA (LP)  – Ratusan masyarakat asli Papua yang ada di wilayah Kabupaten Merauke menyatakan kesetiaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), bertempat di Tugu Pepera Kabupaten Merauke, Senin (15/8).

 

Pernyataan Ikrar Kesetiaan Terhadap NKRI tersebut dibacakan oleh Tokoh Pemuda,  Beni Kaize yang  mewakili para tokoh masyarakat dari Perwakilan Tokoh pemuda Esau Hombore, Perwakilan Kaum perempuan Adelia Sambalu, Perwakilan Tokoh pejuang Yeremies Papare dan Perwakilan Tokoh masyarakat Eliy Lebehibiu serta seluruh  masyarakat Merauke.

Dalam Ikrar kesetiaan kepada NKRI yang dihadiri oleh para tokoh Adat, tokoh Agama, tokoh Feteran FKPPI , PPM, Barisan Merah putih Republik Indonesia serta para Pemuda dan kaum wanita tersebut menyatakan bahwa Pertama Seluruh masyarakat sangat mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kami bertekad mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia Sabang Merauke. Kedua Menolak ancaman bentuk intervensi politik dari manapun dan oleh siapapun terhadap keutuhan NKRI teristimewa terhadap Papua, karena masalah Papua telah selesai sejak Pepera 1969,” ujar Tokoh Pemuda,  Beni Kaize.

Baca Juga :  Pertamina : Air Truck Canada Siap Angkut BBM ke Pedalaman Papua

Dikatakan,  pihaknya tetap setia mengawal pemerintah yang sah, serta pembangunan yang dilaksanakan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Merauke dan tanah Papua.

“Kami ikut menjaga keamanan dan ketertiban, persatuan dan kesatuan bangsa sehingga kemerdekaan yang telah dicapai tetap menjadi milik pusaka kita dari Sabang sampai Merauke,

Pernyataan Ikrar kesetiaan kepada NKRI oleh Barisan Merah Putih yang dipimpin Ketua Dewan Pimpinan Daerah Papua Hans Papare merupakan bentuk ketegasan sikap bahwa NKRI adalah negara yang berdaulat mulai dari Sabang sampai Merauke.

Usai pernyataan Ikrar kesetiaan kepada NKRI, dilaksanakan pengibaran bendera Merah Putih Oleh seluruh elemen masyarakat disekitar tugu Pepera.

Dilanjutkan perjalanan menuju kantor PMI Kabupaten Merauke yang merupakan salah satu tempat bersejarah bagi bangsa Indonesia yang mana di tempat inilah untuk pertama kali bendera Merah Putih dikibarkan di wilayah Kabupaten Merauke. Selain di Tugu Pepera dan kantor PMI pengibaran bendera Merah Putih juga dilaksanakan di Bandara Mopah Merauke.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Komandan Korem  174/ATW Kolonel Inf Asep Setia Gunawan, S.I.P, Dandim 1707/Merauke Letkol Inf I Made Alit Yudhana, Bupati Kab. Merauke Fredirikus Gebze, S.E., M.Si.’Kepala Sesi Intelijen Korem 174/ATW Kolonel Inf Ayub Akbar, Kepala Seksi Operasi Korem 174/ATW Kolonel Inf R. A. Prasetyo U.

Baca Juga :  69 Tahun GKI Eden Tanjung Ria, Digelar Lomba Paduan Suara Antar KSP

Kepala Seksi Teritorial Korem 174/ATW Kolonel Arm Moch. Erwanjah, Kabalak Disjan Jajaran Korem 174/ATW, Sekda Kab. Merauke Drs. Daniel Pauta, Ketua LMA Kab. Merauke Ignasius Ndiken dan Wakapolres Merauke Kompol Marten W Asmuruf S.Sos M,sc. serta  Ketua Dewan Pimpinan Daerah Papua Barisan Merah Putih Hans Papare. (***)

Related Articles