“Jalan Tikus” Jadi Jalur Masuk Ganja Dari PNG

Category: Lintas Papua 28 0
DAUN GANJA (ISTIMEWA)
DAUN GANJA (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LP)  –  Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Papua, Suzana D Wanggai membenarkan bahwa masih banyak “jalan-jalan tikus”   disepanjang perbatasan RI-PNG yang perlu diperhatikan.

“Memang masih banyak, masuknya ganja (narkotika) di kita (Papua), dan ini perlu ada perhatian khusus terutama bagaimana bisa menjaga di wilayah laut,” ujar Suzana D Wanggai, Kamis (11/8).

Ditambahkan,  kalau darat kan sudah. Seperti begini pembangunan PLBN untuk mencegah hal itu. Sementara info jalan-jalan tikus akan kita perkuat dengan koordinasi antar instansi dan perlu juga pembangunan pos-pos laut.

Terkait pembangunan Pos Lintas Batas Negara,  Menteri Koordinator (Menko) Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto mengatakan pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua yang berbatasan langsung dengan Wutung, Vanimo, Papua Nugini bagian dari mencegah masuknya narkotika.

“Termasuk, dengan memperhatikan laporan serta keluhan bahwa masih banyaknya jalan-jalan ‘tikus’ lewat darat serta lewat laut yang kerap kali dijadikan celah untuk masuknya barang ilegal,” kata Wiranto di Jayapura, yang juga berkunjung melihat PLBN secara langsung.

Baca Juga :  KPU Tetapkan Dasinapa - Britay Pimpin Mamberamo Raya

Dirinya menuturkan,  termasuk yang dilaporkan masih banyak jalan-jalan tikus, lewat perbatasan laut oleh pedagang ganja ini. Itu juga menjadi perhatian pemerintah sebagai bagian dari aparat keamanan yang lebih waspada. (Eveerth Joumilena)

Related Articles