Warga Pegunungan Tengah Dukung Thomas Ondy Pimpin Jayapura

Category: Lintas Papua 29 0
Thomas Alfa Edison Ondy, Terpanggil Membangun Kenambay Umbay (LintasPapua.com)
Thomas Alfa Edison Ondy, Terpanggil Membangun Kenambay Umbay (LintasPapua.com)

JAYAPURA (LP)  –  Koordinator Intelektual Pemuda dan Mahasiswa Pegunungan Tengah Papua, Benyamin Gurik mengatakan, bahwa pihaknya mendukung Thomas Ondy untuk maju menjadi Bupati Kabupaten Jayapura dan siap memenangkannya dalam pesta demokrasi 2017, dengan menyiapkan setiap basis – basis suara, karena menilai figur pemimpin anak  muda layak menjadi pemimpin di Bumi Kenambay Umbay.

“Sebagai masyarakat Papua yang sudah lama hidup dan menetap di kabupaten Jayapura serta beranak cucu, maka kami akan lakukan konsolidasai untuk memenangkan Thomas Ondy menjadi Bupati Kabupaten Jayapura,” ujar Benyamin Gurik, kepada media di Abepura, Kamis (11/8).

Dikatakan, masyarakat intelektual dari Pegunungan Tengah Papua akan kami lakukan konsolidasi pada basis – basis yang ada, sehingga tekad sudah jelas memenangkan Thomas Ondy.

“Semua basis – basis suara akan kami kerahkan untuk mendukung Thomas Ondy,” katanya.

Dirinya menyesalkan, jika masih saja ada diskriminasi dalam jabatan dan kedudukan pejabat di Kabupaten Jayapura, dimana untuk masyarakat Pegunungan Tengah Papua tidak pernah dilihat secara baik, padahal dalam kemenangan Mathius Awoitauw – Alm. Roberth Djoenso, didukung oleh masyarakat Pegunungan Tengah.

“Banyak catatan dan pengalaman, sehinga kami tidak mendukung kepemimpinan bupati yang ada saat ini, sehingga tetap kami berikan dukungan kepada Thomas Ondy,” tegasnya.

Baca Juga :  Tetap Konsisten Laksanakan PSU, KPU Papua Tak Gubris Penolakan Dari Tiga Cabup

Sementara itu, Gerakan Rakyat  Anti Korupsi (GERAK), Yan Matuan menilai, kepemimpinan Thomas Ondy banyak terbukti dekat dengan masyarakat kecil dan selalu mempermudah birokrasi, sehingga telah disepakati untuk mendukung Thomas Ondy maju Bupati Jayapura.

“Ini adalah panggilan hati murni dari Thomas Ondy, sehingga jangan lagi kita menilai ini karena perintah Partai Politik atau Perintah Lukas Enembe, melainkan ini adalah ini murni keterpanggilan untuk membangun daerahnya dan ini harus diberikan apresiasi dan kami siap mendukung,” katanya.

 

Thomas Ondy, dalam senyuman menyapa semua orang , saat rakyat menyambut deklarasi maju sebagai calon Bupati Kabupaten Jayapura, Sabtu (7/8/2016) di Sentani (Foto Irfan)
Thomas Ondy, dalam senyuman menyapa semua orang , saat rakyat menyambut deklarasi maju sebagai calon Bupati Kabupaten Jayapura, Sabtu (7/8/2016) di Sentani (Foto Irfan)

Sebelumnya dilaporkan,  Thomas A. E. Ondy, SE, MM siap maju setelah didorong oleh gabungan pemuda dari berbagai lintas etnis dan suku di Kabupaten Jayapura yang tergabung dalam Koalisi Pemuda Nusantara melakukan deklarasi yang  diawali dengan melakukan prosesi adat di Pendopo Ondoafi Iwa-Iwa, Boy Eluay, di Jalan Biesteur Post, Kampung Sereh, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (7/8/2016), dengan dihadiri ribuan warga masyarakat Negeri Kenambay Umbay.

Benyamin Gurik dan Yan Matuan, saat memberikan keterangan pers (LintasPapua.com)
Benyamin Gurik dan Yan Matuan, saat memberikan keterangan pers (LintasPapua.com)

Usai proses ritual adat di Pendopo Boy Eluay, kemudian Thomas Ondy yang digadang-gadang berpasangan dengan Imam Syafi’i, SE, sebagai bakal calon Wakil Bupati Jayapura ini diarak berjalan kaki menuju Lapangan Theys. Dan, setibanya di Lapangan Theys, kedua pasangan ini langsung diserahkan dari pihak adat kepada pihak pemuda untuk melakukan deklarasi.

Baca Juga :  BAZNAS Kabupaten Jayapura Gelar Halal Bi Halal

Dalam deklarasi Koalisi Pemuda Nusantara ini mengangkat tema, ‘Kaka Thomas Pulang Kampung untuk Membangun Kampungnya, di Negeri Kenambay Umbay.

Thomas Ondy bukan tak dikenal, melain sudah dikenal masyarakat dan  muncul sebagai seorang figur muda yang berbakat, pintar berorganisasi, memiliki segudang pengalaman sebagai birokrasi murni, mampu mendesaian kebijakan sebagai kepala daerah dan juga sebagai seorang kader militan dari Partai Demokrat.

Walaupun kini masih menjabat Bupati Kabupaten Biak Numfor, Namun pria kelahiran Manokwari pada 10 Oktober 1977 ini kini berumur 39 tahun ini, dengan nama lengkap Thomas Alfa Edison Ondy menyampaikan, bahwa dirinya maju sebagai calon Bupati di Kabupaten Jayapura, bukan karena ambisi kekuasaan, namun betul-betul ingin maju karena rasa keterpanggilan sebagai anak Negeri dengan beban moral demi membangun daerah dan masyarakat di Bumi Kenambay Umbay. (Eveerth  Joumilena)

Related Articles