SD – SMP di Biak Numfor Karnaval Meriahkan HUT RI

Suasana Karnaval di Biak (LintasPapua.com)
Suasana Karnaval di Biak (LintasPapua.com)

JAYAPURA (LP)  Berbagai jenis perlombaan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor yang bekerjasama dengan TNI/Polri dan seluruh komponen masyarakat dalam rangka memeriahkan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke- 71 Tahun 2016.

 

Salah satunya adalah lomba karnaval tingkat SD dan SMP yang berlangsung di Kota Biak, Selasa (9/8/2016).

Sekretaris Daerah Kabupaten Biak Numfor,  Andreas Msen, SE, MM., yang didampingi sejumlah Asisten dan Kepala SKPD di lingkungan Pemda Biak Numfor  serta pimpinan TNI/Polri tersebut melepas para peserta Karnaval sebanyak 36 sekolah yang berada di wilayah Kota Biak Numfor.

 

Juga diikuti   25 SD diantaranya SD Kartika VI-2 binaan Persit KCK Koorcab Rem 173 dan 11 SMP.

Adapun rute yang dilalui adalah, Start dari Lapangan Mandala, melewati Jalan Jenderal Sudirman dan Finish di Jalan Imam Bonjol, tepatnya di depan Hadi Supermarket.

Para Peserta Karnaval menggunakan berbagai macam atribut yang bernuansa kemerdekaan dan atribut berbagai macam profesi.Tidak ketinggalan atraksi kesenian daerah, pakaian tradisional dari seluruh wilayah di Indonesia.

Serta dimeriahkan pula dengan penampilan Marching Band dan pembentangan Bendera merah Putih dengan panjang ± 71 Meter sesuai dengan peringatan ke- 71 Tahun Kemerdekaan RI, yang dibawa oleh Siswa – Siswi SD Negeri 1 Biak Kota.

Suasana Karnaval di Biak (LintasPapua.com)
Suasana Karnaval di Biak (LintasPapua.com)

Banyaknya peserta dan masyarakat yang menonton Karnaval ini sempat membuat macet di sejumlah ruas jalan – jalan utama di Kota Biak, hal ini menunjukkan bahwa antusiasme serta semangat dari para peserta dan masyarakat dalam menyambut HUT RI ke -71 tahun 2016 sangat tinggi.

“Selain untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI, kegiatan Karnaval ini juga bertujuan untuk memperkenalkan dan melestarikan keanekaragaman budaya Nusantara kepada masyarakat luas,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Biak Numfor,  Andreas Msen, SE, MM.

Dengan diadakannya acara ini, dirnya berharap, dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air, melestarikan kebudayaan dan saling menghormati antar sesama serta wujud penghargaan atas jasa para pahlawan bangsa dalam merebut kemerdekaan bangsa dari belenggu penjajah. (***)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...