Masyarakat Adat Web Sikapi Status Tanah Makoramil

Masyarakat Adat Web di Keerom bersama pihak Makoramil saat melihat lokasi tanah (LintasPapua.com)
Masyarakat Adat Web di Keerom bersama pihak Makoramil saat melihat lokasi tanah (LintasPapua.com)

JAYAPURA (LP)  – Guna mengetahui status Makoramil 1701-07/Web, sehingga  pihak TNI setempat menjalin komunikasi dua arah dengan Tokoh Adat sekaligus pemilik Hak Ulayat Tanah di wilayah Distrik Web, Kabupaten Keerom, dirumah Ondoafi Kampung Omoap, di Web Keerom, Senin (8/8).

Batuud Koramil 1701-07/Web, Peltu Sunari menjalin komunikasi dua arah dengan Tokoh Adat sekaligus pemilik Hak Ulayat Tanah di wilayah Distrik Web, Kabupaten Keerom, yaitu Bapak Darius Debem dan Toni Debem di rumah Ondoafi Kampung Omoap, Bapak Darius Debem.

 

Peltu Sunari mengatakan,  bahwa pihaknya  meminta petunjuk dan arahan kepada kedua Tokoh Adat dan pemilik Hak Ulayat Tanah tersebut tentang status tanah yang ditempati bangunan Makoramil 1701-07/Web.

“Sekaligus meminta solusi dan jalan terbaik, agar tanah yang ditempati Makoramil 1701-07/Web tersebut resmi menjadi hak milik Kodam XVII/Cenderawasih, sehingga anggota Koramil 1701-07/Web dapat menjalankan tugas dengan baik dan tenang di wilayahnya,” ujar Peltu Sunari.

Sementara itu, Kedua Tokoh Masyarakat Adat menyampaikan , selaku pemilik Hak Ulayat Tanah yang ditempati Makoramil 1701-07/Web menyampaikan rasa terima kasih kepada Peltu Sunari yang telah mau menanyakan dan ingin mengetahui status tanah yang sekarang ditempati Makoramil 1701-07/Web.

“Sebenarnya tanah yang ditempati Makoramil 1701-07/Web itu masih sah milik kami masyarakat adat,”  kata Bapak Darius Debem.

Dikatakan,  pihaknya  merasa tidak keberatan dan mau membantu apa yang diinginkan pihak Koramil 1701-07/Web, yakni membuat surat pelepasan adat terhadap tanah yang ditempati Makoramil 1701-07/Web.

Namun kami perlu ukur kembali dan karena kami ini orang banyak, jika kami buat surat pelepasan adat, kami juga harus meminta tanda ucapan terima kasih dari pihak Koramil.

“Selain itu kami juga dapat memberikan lahan yang strategis di pinggir jalan protokol, yang nantinya jalan tersebut akan meghubungkan Kabupaten Keerom dengan Kabupaten Oksibil. Jika Koramil 1701-07/Web membutuhkan berapa luas tanah yang diperlukan, silahkan dikonfirmasikan saja, mengingat tanah yang berada di wilayah Distrik Web ini tidak ada yang rata, hampir semua wilahnya perbukitan,” tuturnya.

 

Setelah mendengarkan pernyataan dari kedua Tokoh Adat sekaligus pemilik Hak Ulayat Tanah di wilayah Distrik Web tersebut, Peltu Sunari dan Sertu Ana Taufik melihat dan memilih tanah yang dikehendaki Koramil 1701-07/Web.

Adapun tanah yang telah disurvei terletak dipinggir jalan protokol tepat di depan tanah Polsek Web dan masih menyambung dengan perumahan Koramil 1701-07/Web bagian belakang, berdekatan dengan kantor Distrik Web. Untuk luas tanah yang ditempati Makoramil 1701-07/Web saat ini kurang lebih 100 X 75 M, kemudian luas lahan yang telah di survei dipinggir jalan yang masih satu area dengan perumahan Koramil Web seluas kurang lebih 100 X 50 M, lebih strategis bila dibangun Kantor Koramil baru.

Atas nama Danramil 1701-07/Web, Peltu Sunari mengucapkan terima kasih kepada Bapak Darius Debem dan Toni Debem yang sudah menerima dan memberikan arahan penting.

“Secepatnya kami akan mengadakan pertemuan antara Danramil 1701-07/Web Letda Inf. Luther Meraudje, Tokoh Adat sekaligus pemilik Hak Ulayat Tanah di wilayah Distrik Web serta Kepala Kampung untuk membahas masalah ini agar lebih jelas,”  tandasnya. (***)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...