USTJ Siap Tampung Delapan Ratus Mahasiswa Baru

Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan USTJ, Isak Rumbarar (LintasPapua.com/Facebook Pribadi)
Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan USTJ, Isak Rumbarar (LintasPapua.com/Facebook Pribadi)

JAYAPURA (LP)  – Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan USTJ, Isak Rumbarar mengatakan, Universitas Sains dan Teknologi Jayapura terus mendukung pembangunan sumber daya manusia, terutama dalam pendaftaran calon mahasiswa siap menampung sekitar 800 mahasiswa baru.

Hal ini disampaikan Isak Rumbarar, sekaligus menjelaskan, bahwa pihaknya tetap mengambil porsi mengutamakan lulusan siswa asli Papua yang lebih banyak lalu yang lain menyesuaikan.

“Dalam penerimaan ini kita siap menampung sekitar delapan ratusan siswa, namun porsi penerimaan kita menerima siswa asli Papua yang lebih banyak,” ujar Isak Rumbarar, saat dikonfirmasi lintaspapua.com, di Abepura, Minggu (7/8)

Dikatakan, dalam masa penerimaan saat ini pihaknya masih terus melakukan proses sejak Senin (1/8) wawancarea dan Selasa (1/8) adalah penentuan kelulusan dan akan diumumkan Rabu (3/8).

“Akan tetapi ada yang perlu menjadi catatan dalam proses wawancara, yakni dari siswa yang telah lulus, namun dalam wawancara ternyata tidak mampu baca dan menulis, sehingga hal ini perlu dievaluasi oleh Dinas Pendidikan,” pesannya.

Dijelaskan, dalam proses wawancara ternyata ada daerah – daerah tertentu yang meluluskan siswanya, namun saat dites wawancara ternyata masih belum bisa.

Ditambahkan, dari jumlah yang diterima akan ditampung sesuai Lima Fakultas yang tersebar dengan berbagai jurusan  yang ada.

“Hingga kini dalam tahapan terakhir, kami masih membuka pendaftaran, sebab jangan sampai masih ada siswa – siswa yang belum mendaftar bisa langsung mendaftar lagi,” ucapnya.

“Secara umum dari tota siswa yang mengambil formulir pendaftaran mencapai 1500 siswa, namun yang mengembalikan juga banyak dan telah diproses seleksi dan siap diumumkan,” akuinya.

Suasana Penerimaan Mahasiswa Baru di Kampus USTJ Papua (LintasPapua.com)
Suasana Penerimaan Mahasiswa Baru di Kampus USTJ Papua (LintasPapua.com)

Isak Rumbarar menuturkan, dalam rangka menyongsong era globalisasi, Universitas Sains dan Teknologi Jayapura tampil dengan  visi Menjadikan USTJ sebagai perguruan tinggi yang berbasis teknologi yang diakui secara nasional dan unggul di kawasan Indonesia Timur tahun 2020.

“Tentunya  dari visi ini diwujudkan dengan  misi  menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan tuntutan masyarakat,” katanya.

Sementara itu,  Seorang Calon Mahasiswa, Suryaningsih berharap, dirinya bisa masuk USTJ karena memang tertarik untuk belajar di Fakultas Ilmu Komputer. “Berharap proses seleksi bisa berjalan baik dan kita calon mahasiswa bisa menerima hasilnya,” harapnya.

Dari informasi yang diterima, Universitas Sains dan Teknologi Jayapura dirikan sejak tanggal 1 Oktober 2003  dan USTJ dalam pengembangan pendidikan bukan hanya bidang teknik semata, namun juga ada bidang sosial dan kesehatan serta komunikasi, sebagaimana lima fakultas yang ada, yakni Diantaranya, dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Teknik Ilmu Kebumian, Teknik Ilmu Komputer, Teknik Ilmu Kesehatan dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. (Eveerth Joumilena)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...