Politisi Muda Papua Diajak Banyak Belajar

Simon Patrice Morin (LintasPapua.com)
Simon Patrice Morin (LintasPapua.com)

JAYAPURA (LP)  –  Munculnya politisi muda Papua yang semakin menjamur, tentunya harus ada tuntunan dari Politisi Senior yang  mengarahkan, sehingga tetap santun dan banyak belajar serta mampu melihat kepentingan masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Politisi Senior Papua, Simon Patrice Morin, sekaligus menjelaskan, bahwa generasi muda yang masuk dalam dunia politisi harus berpolitik untuk kebaikan.

“Terutama adalah bagaimana kita memahami undang – undang, karena semua telah diatur undang – undang, sehingga bagaimana membandingkan hal – hal nyata dan dikaitkan dengan konstitusi,” ujar  SP Morin,  Minggu (7/8).

 

Dikatakan, undang –  undangan adalah landasan aturan tertinggi yang merupakan kesepakatan untuk kepentingan bangsa dan negara, sehingga generasi muda yang mau berpolitik harus memahaminya.

“Dalam hal ini, Politisi muda harus paham apa yang harus diperjuangkan,” ucapnya.

Mantan Anggota DPR – RI dari Partai Golkar ini menambahkan,  bahwa dalam politik ada urusan makan – minum, namun ada urusn yang lebih penting untuk jangka panjang.

“Utamanya adalah politisi harus bisa menjaga, agar tidak terjadi konflik, sebab perlu ada hal – hal yang diamati seorang politisi, agar tidak terjadi sesuatu yang merugikan kepentingan umum,” pesan SP Morin, yang berulangtahun ke – 70 pada tanggal 4 Agustus 2016 lalu.

Terkadang, katanya harus bisa mendengar dan melihat apa yang disampaikan rakyat, bahkan yang tidak tersampaikan harus bisa dicermati baik oleh para politisi.

Sementara itu, Warga Masyarakat Abepura, Chayo menuturkan, banyak kepentingan masyarakat yang belum diakomodir, sehingga setiap elit politik di legislatif harus mampu melihat kepentingan masyarakat. “Saatnya kepentingan masyarakat diutamakan,” sarannya. (***)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...