Masyarakat Merauke dan Pemerintah Tanam Padi Bersama

Suasana tanam padi bersama masyarakat di Kampung Serapo (LintasPapua.com)
Suasana tanam padi bersama masyarakat di Kampung Serapo (LintasPapua.com)

JAYAPURA (LP)  – Kodim 1707/Merauke bekerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Merauke mendorong gerakan “Luas Tambah Tanam” dengan menggelar tanam padi bersama masyarakat di Kampung Serapo Distrik Semangga pada area cetak sawah seluas 20 Ha di Gapoktan Kampung Serapo, Sabtu 06 Agustus 2016.

Komandan Kodim 1707/Merauke Letkol Inf. I Made Alit Yudana mengatakan,  TNI bersama Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura akan berupaya mengejar target Luas Tambah Tanam padi pada periode Tahun 2016 ini.

“Kita tahu dibulan ini masih musim ganduh, dari luas sawah keseluruhan 20 Ha hanya bisa kita tanam seluas 1 Ha, tetapi setidaknya kegiatan ini sebagai awal keberhasilan para petani di Kampung ini dalam mendukung program Pemerintah”. Lanjut Dandim.

Dalam kesempatan yang sama Dandim juga menyatakan bahwa TNI,  khususnya para Babinsa akan selalu siap membantu dan mendampingi para petani dalam menjembatani setiap masalah di lapangan agar  permasalahan tersebut cepat teratasi, karena itulah fungsi anggota Babinsa sebagai pendamping petani di Kampung ini maupun di Kampung lain sesuai dengan wilayah binaannya masing-masing.

Harapan kami, kegiatan seperti ini dapat menjadi penyemangat bagi para Gapoktan atau para petani yang berada diseluruh wilayah Kabupaten Merauke untuk bersama-sama berupaya meningkatkan perluasan tanam dan memaksimalkan hasil panen dengan segala upaya meskipun masih banyak kekurangan sarana dan prasarana, sehingga program swasembada pangan dan menjadikan Kabupaten Merauke menjadi “Lumbung Padi Nasional” dapat terwujud. Pungkas Dandim’’.

Momen utama dari kegiatan ini adalah Tanam Padi bersama secara manual oleh Dandim, Staf Dinas Tanaman Pangan  Hortikultura, Danramil Merauke serta para anggota Kelompok Tani. Adapun padi yang ditanam adalah jenis “Impari 13” yang merupakan bibit unggulan dengan menggunakan sistem tanam jajar legowo, karena dinilai hasil yang dicapai lebih produktif. (***)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...