Rumah dan Kios 38 Warga Jalan Baru Kotaraja Terbakar

Suasana Puing - Puing Kebakaran di Jalan Baru Kotaraja tepat di Depan Rumah Makan Wong Solo di Kotaraja (LintasPapua.com)
Suasana Puing – Puing Kebakaran di Jalan Baru Kotaraja tepat di Depan Rumah Makan Wong Solo di Kotaraja (LintasPapua.com)

JAYAPURA (LP)  –  Kebakarann yang terjadi di sekitar Kompleks perumahan di Jalan Baru, tepatnya depan Rumah Makan Wong Solo Kotaraja, Kota Jayapura,  memaksa 38 Jiwa harus kehilangan harta benda dan rumah tempat tinggal yang digunakan sebagai kios dan usaha lainnya, Jumat (5/8).

Dari informasi yang dihimpun di lapangan, seorang Warga, Burhannudin menuturkan, bahwa kebakaran berlangsung sangat cepat, yang terjadi pada, Jumat (5/8/2016), Pukul 04.00 WIT (subuh dini hari), ketika lampu dalam keadaan mati.

“Saat lampu sedang mati dan kami dikejutkan dengan nyala api yang begitu cepat melahap semua ruangan dalam rumah dan bahkan tak sempat melakukan pemadaman, karena harus menyelamatkan diri dan sebagian barang – barang,” ujar Burhannduin, yang terlihat membersihkan puing – puing kebakaran.

Dikatakan, akibat kebakaran ini memang banyak barang yang rugi, sebab baru saja belanja kulkas dan kebutuhan lainnya untuk mendukung usaha jualannya.

“Saya tidur jaga barang jualan, namun istri saya tidak ikut, karena dirumah mertua,” katanya.

Dilokasi kebakaran juga terdapat Kantor Pegadaian, sehingga terlihat petugas kepolisian ketika mengamankan lokasi kebakaran, juga mengangkat bersama brankas milik Kantor Pegadaian.

Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura, Irawadi , saat meninjau lokasi kebakaran bersama staffnya (LintasPapua.com)
Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura, Irawadi , saat meninjau lokasi kebakaran bersama staffnya (LintasPapua.com)

 

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura, Irawadi menjelaskan, bahwa dari data yang dihimpun pihaknya, yakni sebanyak 38 jiwa kehilangan tempat tinggal dan harta benda.

“Rata – rata sekitar 12 Kepala Keluarga, namun semuanya sudah dievakuasi dan menunggu tenda  untuk warga yang tidak memiliki tempat tinggal lain,” ujar Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura.

Irawadi menyarankan, kepada warga korban kebakaran yang memiliki tempat tinggal lain, untuk tetap tinggal dirumahnya dahulu.

“Yang pasti kita akan berikan bantuan bahan makan serta tenda penampungan didepan Rumah Makan Wong Solo,” katanya.

Diakui, bahwa apa yang dilakukan pihaknya adalah sesuai dengan sikap cepat tanggap dengan kejadian.

“Memang kalau dari laporan warga untuk penyebab kebakaran belum bisa dipastikan, apakah arus pendek atau lilin ataukah kelalaian, karena semua akan menjadi ranahnya pihak kepolisian,” tuturnya.

Sementara itu, informasi yang diterma dari Humas Pemkot Jayapura, terkait musibah kebakaran ini , maka PLH Wali Kota Jayapura, R.D. Siahaya, akan melakukan kunjungan dan memberikan bantuan pada Sabtu (6/8/2016) di  Lokasi Kebakaran, depan RM Wong Solo Kotaraja. (***)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...