UP2KP Giat Kontrol Penggunaan Dana Kesehatan di Papua

UP2KP dan Dinas Kesehatan saat berikan keterangan pers (LintasPapua.com)
UP2KP dan Dinas Kesehatan saat berikan keterangan pers (LintasPapua.com)

JAYAPURA (HPP)  – Kepala Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua (UP2KP), Agus Raprap mengatakan, dalam berbagai kegiatan dinas kesehatan hingga penggunaan dana kesehatan, tetap menjadi pengawasan terhadap realisasinya dilapangan.

“Kami punya tugas melakukan pengawasan terhadap mereka yang menggunakan dana kesehatan, termasuk dana kesehatan yang diturunkan ke kabupaten/kota,” ujar Agus Raprap, saat memberkan keterangan pers, di kantor dinas Kesehatan Provinsi Papua, di Kotaraja, Jumat (29/7).

Dikatakan, dana yang diturunkan ke kabupaten/kota tetap menjadi pengawasan, dalam hal ini termasuak adana 100 persen dari 15 persen yang diperuntukan bagi kesehatan melalui dana Otonomi Khusus Papua.

“Harus diakui banyak kebijakan yang berbeda, bahkan ketika terjadi pergantian pemimpin daerah, sehingga tidka semua dana kesehatan terserap baik,” akuinya.

Ditambahkan, bahwa dana kesehatan berbeda, sebagaimana kadang ada keluhan dari Puskesmas – Puskesmas bahwa dana kesehatan tidak terlasurkan baik, sehingga ini tetap menjadi pengawasan UP2KP.

Menanggapai hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai menuturkan, benar adanya daerah – daerah yang tidak menyalurkan dana kesehatan ke tingkat bawah dengan baik.

“Kami mendapati ada yang belum bekerja maksimal dalam menyalurkan dana kesehatan ke tingkat Puskesmas dan semua catatan sudah kami miliki untuk nantinya dievaaluasi,” tegasnya. (Eveerth Joumilena)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...