Calon Perseorangan Harus Miliki 29.285 Dukungan

JAYAPURA (LP)  – Ketua KPU Kota Jayapura, Jeremias Numberi mengatakan, dalam Pemilukada Kota Jayapura 2017 khususnya bagi calon perseorangan harus mengumpulkan 29.285 dukungan.

Hal ini disampaikan dalam Sosialisasi Pencalonan Calon Perseorangan dan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Pencalonan (SILON) Bagi operator Calon Perseorangan pada Pemilukada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jayapura, di Grand Abe Hotel, Kamis (4/8).

“Jumlah dukungan tersebut tersebar di minimal 50 persen plus 1 dari total lima distrik, dalam hal ini minimal tiga distrik yang tersebar harus bisa dipenuhi,” ujar Jeremias Numberi, kepada Harian Pagi Papua, Kamis (4/8).

Dijelaskan, Jumlah Distrik  ada lima. Jadi 50 persennya dan harus mencapai tiga distrik penyebaran dukungannya, sehingga bisa diterima dalam sistem informasi pencalonan.

“Syarat dukungan berupa fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) bagi calon perseorangan harus sudah diserahkan ke KPU Kota Jayapura pada tanggal 6 – 10 Agustus 2016,” jelasnya.

Suasana Sosialisasi KPU Kota Jayapura di Grand Abe Hotel, Kamis (4/8/2016)
Suasana Sosialisasi KPU Kota Jayapura di Grand Abe Hotel, Kamis (4/8/2016)

Sementara itu, Anggota KPU Kota Jayapura, Cipto Wibowo menjelaskan, setelah diserahkan ke KPU, selanjutnya akan dilakukan verifikasi secara administrasi dan faktual.

“Saat ini KPU Kota Jayapura sudah membuka desk informasi terkait besaran dukungan bagi calon perseorangan. Oleh karenanya pihaknya membuka lebar bagi siapapun bakal calon perseorangan yang ingin mengetahui persyaratan dan ingin maju melalui jalur independen,” tutunya.

Ditembahkan, harus diingat bahwa batas pendaftrana sampai jam 16.00 WIT, sehingga tidak boleh lewat dari waktu yang sudah ditentukan.

“Setelah adanya pendaftaran calon, maka KPU akan menyerahkan ke PPS tanggal 21 – 23 Agustus pada masing – masing kelurahan untuk diverifikasi faktual,” katanya.

Sebagaimana diketahui pada Pemilu terakhir adalah Pilpres 2014. Dalam rekapitulasi , Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilpres 2014 Kota Jayapura sebanyak 344.253, sehingga para calon perseorangan harus mengumpulkan 29.285 dukungan. Acara ini diikuti masyarakat dan tim – tim dari bakal calon perseorangan dan juga dari Panwas Kota Jayapura serta masyarakat para undangan. (Eveerth Joumilena)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...